Anies Sebut Lahan Negara Dijadikan Mal, Benarkah?

Ahok minta Anies membuktikannya

Menjelang Pilkada putaran kedua, intensitas antar kedua pasangan kandidat kembali memanas. Setelah saling serang soal banjir, kali ini mereka terlibat dalam perdebatan mengenai tuduhan adanya lahan negara yang digunakan untuk mal. Ini diawali oleh pernyataan Anies Baswedan ketika ia menyebut akan membangun rumah dengan DP nol rupiah di lahan pemerintah provinsi Jakarta.

Anies menuduh ada mal di Jakarta yang dibangun di atas lahan negara.

Anies Sebut Lahan Negara Dijadikan Mal, Benarkah?IDN Times

Pada Sabtu (25/2) Anies mengeluarkan pernyataan yang membuat orang bertanya-tanya. Ia mengaku heran mengapa ada banyak pihak yang mempersoalkan program rumah DP nol rupiah yang diusungnya dan Sandiaga. Tak sedikit yang mengkritik program tersebut karena belum ada kejelasan mengenai lokasi rumah. Anies kemudian berkata bahwa ia dan Sandiaga akan memanfaatkan lahan negara.

Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah apakah apakah lahan negara boleh menjadi milik warga. Anies lalu menuduh ada lahan negara yang dipakai untuk mal dan rakyat tidak protes. "Tanah Pemprov saja bisa dipakai untuk mal, tanah negara dipakai mal, kenapa rakyat kecil mau pakai jadi ribut? Kenapa rakyat kecil mau pakai tanah negara jadi ramai? Mau dipakai buat mal, kita semua diam," kata Anies.

Baca Juga: Ahok Sebut 60 persen Warga Jakarta Tidak Suka Anies

Ahok dan Djarot pun meminta Anies untuk membuktikan tuduhannya.

Anies Sebut Lahan Negara Dijadikan Mal, Benarkah?IDN Times

Ketika ditanya tanggapan mengenai tuduhan yang dilontarkan Anies, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memilih untuk menjawab dengan singkat. "Ya buktiin saja," ucapnya pada Senin (27/2). Tak seperti Ahok, Djarot tak hanya menantang Anies untuk membuktikan tuduhannya, tapi ia pun menyampaikan pembelaan bahwa di masa pemerintahannya dan Ahok tak ada lahan negara yang digunakan untuk pendirian mal.

"Zaman kami, enggak ada lahan negara dimanfaatkan untuk mal. Sekarang kami enggak tahu ada enggak yang dirikan mall? Enggak ngerti aku. Tanyakan sana," ujar Djarot. Meski begitu, Djarot sempat menebak apakah yang dimaksud Anies adalah Plaza Senayan. "Apa lahan negara dijadikan mal itu di Plaza Senayan? Mungkin. Tapi tunjukan saja," tambah Djarot.

Ia menambahkan bila benar itu adalah Plaza Senayan, perlu dicek tahun berapa mal tersebut dibangun. Sebelumnya, politisi Partai Gerindra, Endah S Pardjoko, menyebut Plaza Senayan dan Mal Taman Anggrek didirikan di atas lahan negara, tapi mendapat pembiaran dari pemerintah.

Ketika diminta membuktikan, Anies justru berkilah dan meminta wartawan bertanya kepada DPRD DKI.

Anies Sebut Lahan Negara Dijadikan Mal, Benarkah?IDN Times

Pernyataan Anies telah membuat polemik di masyarakat. Walau begitu, ia memutuskan untuk tak mengungkapkan lokasi dari lahan yang ia maksud. Anies justru berkata bahwa ia ingin hal ini menjadi teka-teki dulu. "Biar teka-teki dulu lah. Masa semua harus jawab sekarang, tetapi saya agak geli saja kalau enggak tahu. Nanti diberitahu deh," ujar Anies. Ia kemudian meminta wartawan untuk bertanya kepada DPRD DKI Jakarta.

Setali tiga uang dengan Anies, Sandiaga juga menolak untuk memberitahu lahan mana yang dimaksud. Ia mengklaim bukan kapasitasnya untuk menyampaikan persoalan itu. Sandiaga berjanji tim pemenangannya yang akan menjawab teka-teki yang diberikan Anies. "Setahu saya ada beberapa, tapi saya tidak berkompeten karena ini sudah menyangkut permasalahan hukum dan bentuk kerjasama pemprov dengan mitra-mitranya. Nanti biar tim pakar dan tim hukum yang akan mengklarifikasinya," tandas Sandiaga.

Baca Juga: Kunjungi Lokasi Banjir, Anies: Pak Gubernur Pernah ke Sini?

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya