Peringati HPSN 2018, Menteri Siti Nurbaya Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampah

Banyak yang sukses karena manfaatkan sampah loh

Jakarta, IDN Times - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di car free day Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, hari ini.

1. Menteri Susi ajak masyarakat buat sampah jadi hal produktif

Peringati HPSN 2018, Menteri Siti Nurbaya Ajak Masyarakat Manfaatkan SampahAntara Foto/Abriawan Abhe

Menteri Susi mengimbau kepada masyarakat agar menjaga lingkungan sekitar selalu bersih dari sampah. Jadikan sampah untuk hal produktif hingga menghasilkan uang untuk menambah penghasilan.

“Mari kita terus bersama-sama membersihkan bumi kita. Buat sampah menjadi produktif. Nanti setiap ibu bisa punya atm dari bank sampah dan bisa buat bayar listrik,” kata Siti yang disambut tepuk tangan hadirin, seperti dilansir sulselsatu.com, Minggu (18/3). 

Baca juga: Destilator Sampah Plastik, Solusi Atasi Limbah Plastik dari Anggota Pasukan Kuning

2. Peringatan HPSN sejatinya untuk membangkitkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan 

Peringati HPSN 2018, Menteri Siti Nurbaya Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampahpri.org

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, peringatan HPSN 2018 sejatinya untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan.

“Gerakan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian kolektif, serta membangun optimisme bersama dari seluruh pemangku kepentingan, untuk mewujudkan kerja bersama dalam pengelolaan sampah yang baik dan berkelanjutan,” ujar Vivien.

3. Peringatan HPSN 2018 dimeriahkan berbagai kegiatan

Peringati HPSN 2018, Menteri Siti Nurbaya Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampahconstructionweekonline.com

Peringatan HPSN 2018 adalah Sayangi Bumi: Bersihkan Dari Sampah dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, di antaranya pameran daur ulang sampah, penimbangan sampah, karnaval daur ulang sampah, dan aksi bersih-bersih. 

Selain Menteri Siti dan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makssar Syamsu Rizal, acara ini juga dihadiri Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Mukhtar Tahir, dan ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok bank sampah. 

Kegiatan ini sendiri dikemas dalam bentuk dialog partisipatif dengan beberapa komunitas peduli sampah yang ada di Makassar. Ada pula acara karnaval pakaian daur ulang sampah, aksi pungut sampah, dan pameran daur ulang sampah. 

Pengunjung juga dihibur dengan senam Maumere, atraksi drum band, serta pembacaan puisi bertema sampah yang dibawakan oleh murid-murid sekolah dasar.

Baca juga: Melihat Perjuangan Petugas yang Bersihkan 'Pulau Sampah' di Sungai Ciliwung

Topik:

Berita Terkini Lainnya