Ada Reuni Akbar 212, Jalan di Sekitar Monas Padat

Pak polisi kerja keras neh

Laporan Fitang Budhi Adhitia

Jakarta, IDN Times - Reuni Akbar 212 yang digelar alumni 212 di silang Monas, Jakarta Pusat, hari ini dihadiri ribuan warga Jakarta dan kota lainnya. Akibatnya, kendaraan di jalan sekitar Monas seperti Jalan Medan Merdeka dan Medan Merdeka Selatan padat atau mengalami kemacetan.

Pantuan IDN Times, Sabtu (2/12), arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Timur dari arah Kementerian Luar Negeri menuju Senen dan Cikini terjadi kemacetan. 

Begitu pula jalan dari arah Cikini yang menuju kawasan Stasiun Gambir melalui Jalan Medan Merdeka Timur juga terpantau padat. 

Selalin karena adanya traffic light, Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan MH Thamrin juga terjadi kemacetan, akibat penumpukan kendaraan parkir dan pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Baca juga: Reuni Akbar 212 Diduga Bermuatan Politis, Begini Tanggapan Sandiaga

Ada Reuni Akbar 212, Jalan di Sekitar Monas PadatFitang Budhi Adhitia/IDN Times

Sementara, menurut petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang tengah bertugas, tidak ada pengalihan arus lalu lintas saat berlangsungnya Reuni Akbar 212 ini.

50 Orang Dilarikan ke Posko

Sebanyak 13 posko pelayanan kesehatan disiagakan dalam Reuni Akbar 212. Posko kesehatan ini dibangun bertujuan untuk mengantisipasi jika ada peserta aksi kelelahan atau jatuh sakit ketika mengikuti aksi massa ini.

Relawan International Islamic Medicine Foundation (IIMF) salah satunya, mereka mendirikan posko pelayanan kesehatan ini sejak Sabtu malam. 

"Dari semalem jam 23.00 sudah buka posko, subuh baru dateng logistik. Relawan IIMF sudah dateng dari semalem juga," ujar Humas IIMF Andi Bungawali di silang Monas.

Ada Reuni Akbar 212, Jalan di Sekitar Monas Padatrepublika.co.id

Sejak posko layanan kesehatan IIMF didirikan, kata Andi, sudah ada puluhan peserta aksi yang memeriksakan diri dengan keluhan pusing dan mual akibat kelelahan.

"Pasien udah lebih dari 50 orang dan rata-rata usia di atas 50 tahun, ibu hamil dan anak-anak. Keluhannya umumnya mual pusing kelelahan tadi ada yang sampai pingsan langsung dibawa ke rumah sakit pakai ambulans," ujar dia.

Sebanyak 20 tenaga medis mulai dari dokter umum hingga spesialis juga diperbantukan di posko pelayanan kesehatan ini.

Baca juga: Hadiri Reuni Akbar 212, Anies Ingatkan Suriteladan Nabi Muhammad SAW

Topik:

Berita Terkini Lainnya