Hadiri Reuni Akbar 212, Anies Ingatkan Suriteladan Nabi Muhammad SAW

Yuk, meniru suriteladan Nabi

Laporan Fitang Adhitia

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Reuni Akbar 212 di silang Monas, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, Anies mengingatkan kepada warga Jakarta, bahwa peringatan Maulid Nabi sejatinya agar umat Islam meniru sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.

"Hari ini bertepatan dengan hari, kita peringati Maulid Nabi Muhammad SAW. Karena itu, panggung ini, kegiatan ini, harus jadi panggung mengukur kedekatan kita seberapa dekat kita dekat dengan sifatnya," kata Anies, Sabtu (2/12).

"Bukan hanya kita mengenang seoarang yang lintas zaman, tapi peringatan seberapa dekat kita dengan sifat uswatun khasanah (sifat terpuji), yang sehari-hari kita muliakan," Anies menegaskan.

Anies mengatakan tanggung jawab untuk melakukan perubahan Ibu Kota bukan tanggung jawab kecil. Karena itu, dia mengimbau kepada warga agar mendoakan pemimpin Jakarta supaya bisa menunaikan janji-janjinya saat kampanye Pilkada DKI lalu.

Baca juga: Reuni Akbar 212 Diduga Bermuatan Politis, Begini Tanggapan Sandiaga

Hadiri Reuni Akbar 212, Anies Ingatkan Suriteladan Nabi Muhammad SAWIDN Times/Helmi Shemi

"Agar kita bisa tuntaskan semua janji sebaik-baiknya. Agar bisa bawa kota yang warganya bahagia, kota yang maju. 

Kita akan terus pastikan Jakarta sebagai kota milik semua, bukan sebagian," ujar Anies.  

Kaum Pesimis

Anies mengingatkan Indonesia dibangun melalui perjungan rakyat dan melalui anak-anak yang dididik untuk menjadi pejuang. Dan Monas merupakan simbol perjuangan Bangsa Indonesia yang dibayar melalui darah. Karena itu, jalan di sekitar kawasan Monas diberi nama Medan Merdeka.

"Karena itu, alhamdulillah, sekarang Monas telah dibuka untuk berbagai kegiatan. Bukan hanya untuk upacara, tapi dibolehkan untuk kegiatan keagamaan, kegiatan kesenian, kegiatan pendidikan, dan lain-lain. Ini adalah bagian dari ikhtiar melakukan perubahan di Ibu Kota," ujar dia. 

Hadiri Reuni Akbar 212, Anies Ingatkan Suriteladan Nabi Muhammad SAWANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Anies sempat menyindir pihak lain yang sebelumnya mengira ada kerusuhan dalam aksi 212, namun nyatanya acara berlangsung damai. Karena itu, Rauni Akbar ini juga diharapkan berjalan aman dan penuh kedamaian.

"Saudara-saudara yang saya hormati, tahun lalu saudara berkumpul di tempat ini, tahun lalu saudara telah mengecewakan kaum pesimis, mereka yang pesimis bahwa berkumpulnya massa akan memunculkan kericuhan, kekerasan, ketidakdamaian," ujar dia. 

"Ternyata saudara hadir dengan kedamaian, saudara hadir dengan kenyamanan, saudara hadir dengan membawa keteduhan. Hari ini saudara pastikan areal Monas tetap teduh damai dan nyaman. 

Mari kita jadi barisan yang memperjuangkan persatuan di Indonesia," Anies menandaskan.

Baca juga: Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Reuni Akbar 212 yang Dimulai Malam Ini

Topik:

Berita Terkini Lainnya