150 Ulama Muda Muhammadiyah Bahas Hoax di Kongres Hari Ini

Kongres ini juga bakal membahas buzzer politik

Jakarta, IDN Times - Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah hari ini akan menggelar Kongres Ulama Muda Muhammadiyah (KUMM). Sejumlah agenda akan dibahas dalam acara yang digelar di Aula Gedung Dakwah Muhammadiyah Menteng Raya 62-Jakarta Pusat itu.

1. Membahas hoax dan sejumlah agenda hangat

150 Ulama Muda Muhammadiyah Bahas Hoax di Kongres Hari Inibeyondthehorizon.com.pk

Seperti agenda yang diterima IDN Times, Senin 29 Januari, acara ini akan membahas beberapa hal di antaranya soal hoax atau berita bohong. Para ulama akan membahas secara mendalam, dan menyampaikan tausiyah politik kebangsaan bahwa menebar hoax adalah perbuat haram dan sangat dibenci Islam.

Karena menebar fitnah adalah keburukan bagi peradaban, dan mereka-mereka yang bekerja memproduksi hoax di sosial media terang adalah orang-orang yang mendustakan ajaran dan nilai Islam. Termasuk, akan membahas apakah buzzer politik itu dikategorikan pekerjaan buruk dan harus diauhi. 

Selain masalah hoax, kongres ini juga akan membahas isu hangat saat ini di antaranya masalah sumber daya alam (SDA), politik uang, nasionalisme dan persatuan Indonesia.

Baca juga: Cegah Isu SARA dan Hoax, Komnas HAM Bentuk Tim Pantau Pilkada

2. Kongres akan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim

150 Ulama Muda Muhammadiyah Bahas Hoax di Kongres Hari IniIDN Times/Margith Juita Damanik

Menurut agenda acara ini, Menteri Agama RI Bapak Lukman Saifuddin akan membuka acara ini. Kemudian dilanjutkan pidato oleh Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas, dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. 

Acara yang akan dimeriahkan dengan penampilan Angklung Santri-Santri Muhammadiyah ini juga rencananya akan dihadiri oleh lebih dari 150 ulama muda Muhammadiyah yang menjadi yang mengasuh pondok pesantren. Hadir juga dai-dai muda yang berasal dari 120 pesantren Muhammadiyah dari seluruh Indonesia. 

3. Merumuskan tausiyah politik kebangsaan jelang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019

150 Ulama Muda Muhammadiyah Bahas Hoax di Kongres Hari Inippmuhammadiyah.org.id

Melalui kongres ini, ulama muda Muhammadiyah akan bermusyawarah untuk merumuskan tausiyah politik kebangsaan terkait dengan kondisi politik Indonesia belakangan ini, khususnya memasuki tahun politik 2018 dan 2019.

Tausiyah politik kebangsaan yang akan dibahas adalah derifikasi empat nilai akhlak politik kebangsaan pemuda Muhammadiyah yang sudah dirumuskan di Tanwir 2 Pemuda Muhammadiyah di Palangkaraya, yang dikenal sebagai Khittoh Kahayan. 

Empat nilai akhlak politik kebangsaan yakni nilai Tauhid, nilai Ubudiyah, nilai Maslahat, dan nilai Dakwah. 

Secara spesifik, tausiyah politik kebangsaan yang akan dibahas mendalam oleh seluruh peserta kongres dan akan disampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia pada Rabu besok, setelah hari ini ulama muda bermusyawarah. 

Baca juga: 5 Langkah KPU-KPAI Cegah Anak Jadi Korban Kampanye Hitam dan Hoax saat Pilkada

Topik:

Berita Terkini Lainnya