Untuk Kali Keenam, Agus Harimurti Menang Survei Pilkada!

Djarot: nanti saya bikin survey sendiri yang memenangkan saya.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) kembali membeberkan hasilsurvei Pilkada DKI 2017. Seperti hasil sebelumnya, lembaga pimpinan Denny J. A ini kembali menempatkan pasangan Agus Harimurti dan Sylviana Murni sebagai pemilik elektabilitas tertinggi. Hasil ini sekaligus membuat Agus-Sylvi untuk kali keenam menang dalam survei Pilkada yang dilakukan oleh berbagai lembaga. 

Untuk Kali Keenam, Agus Harimurti Menang Survei Pilkada!Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO

Dikutip Tempo.co, (18/1), peneliti LSI, Ardian Sopa, mengatakan Agus Harimurti-Sylviana Murni mendapat 36,7 persen. Adapun Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat 32,6 persen. Adapun pasangan Anies-Sandi memperoleh angka paling rendah dengan elektabilitas 21,4 persen. 

Baca juga: Terungkap, Kelompok Inilah yang Memenangkan Agus dalam 5 Kali Survei

Masing-masing kandidat punya masalah masing-masing.

Untuk Kali Keenam, Agus Harimurti Menang Survei Pilkada!Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO

Apa yang membuat pasangan calon gubernur DKI Jakarta nomor 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan peringkat terbawah? Pendiri LSI, Denny JA pun menjelaskan bahwa pasangan tersebut memiliki problem marketing selama masa kampanye. Mereka dianggap tidak memiliki program unggulan yang dikampanyekan secara masif atau besar-besaran. Menurut dia, kendati banyak program kerja bagus yang disiapkan dan disosialisasikan oleh pasangan Anies-Sandi, hal tersebut menurutnya tidak akan banyak mengubah masalah yang ada saat ini. 

Ardian melihat popularitas Agus sangat mudah melejit karena target kampanye yang dia pilih sudah benar. Terlihat dari sejak awal bagaimana Agus fokus pada pemilih kelas menengah bawah yang merupakan populasi terbesar di Jakarta.

Agus-Sylvi juga bahkan telah merancang program bantuan 1 miliar rupiah per rukun warga dan program bantuan dana bergulir yang sangat disukai oleh pemilih kelas menengah bawah. Sebaliknya, program ini tidak disukai oleh pemilih kelas atas.

Tanggapan Anies dan Ahok melihat mereka kalah dengan Agus.

Untuk Kali Keenam, Agus Harimurti Menang Survei Pilkada!Ilustrasi/Hafidz Mubarak A./ANTARA FOTO

Menanggapi kekalahannya dalam surbey, Anies menyatakan bahwa hasil survei LSI perlu diperiksa lagi karena sumber dari survei menurutnya masih sering terganggu. Malahan Anies merasa jauh lebih optimis sekarang usai melihat hasil survei tersebut.

Baca Juga: Pilkada DKI: Ketiga Calon Lakukan 27 Pelanggaran, Tebak Siapa yang Paling Banyak!

Sementara itu di kubu pemenang survey, Agus semakin kian terpacu dalam melakukan kampanyenya. Namun, dia juga tak akan cepat puas dengan hasil ini. Dia juga mengaku tak akan berhenti untuk bergerilya di lapangan.

Berada di peringkat kedua bersama Ahok, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI, Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa dirinya tidak masalah dengan hasil survei tersebut. Pasalnya dia memprediksi bahwa elektabilitas mereka akan perlahan naik sejalan dengan makin dekatnya Pilkada pada 15 Februari mendatang.

Namun, raut muka Djarot mendadak berubah melihat tingkat elektabilitas Agus-Sylvi yang mencapai 46,4 persen. Dengan bercanda, dia pun mengatakan ingin membuat survei yang hasilnya 70 persen kemenangan untuk Ahok dan Djarot.

Baca Juga: Didemo Puluhan Ribu Orang, Ahok Tak Mundur dari Pilkada. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya