Survei Terbaru, DPR Jadi Lembaga Terkorup!

Peringkat kepolisian membaik

Sebuah survei yang dengan tajuk Global Corruption Barometer yang dilakukan oleh Transperency Indonesia (TII) menunjukan hasil mengejutkan. Sebanyak 65 persen masyarakat Indonesia menganggap level korupsi di Indonesia meningkat dalam 12 bulan terakhir. Survei ini juga menyimpulkan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan lembaga negara yang paling korup. Padahal, dalam survei serupa yang dilakukan tahun 2013, DPR masih berada di urutan kedua setelah kepolisian.

Survei Terbaru, DPR Jadi Lembaga Terkorup!Hafidz Mubarak A./ANTARA FOTO

Dikutip BBC News, (8/3), survei ini menggunakan wawancara secara langsung dan telepon dengan responden sebanyak 1.000 orang. Usia para responden berkisar antara 18 hingga 55 tahun yang berasal dari 31 provinsi di indonesia.

Survey yang dilakukan mulai tanggal 26 April sampai 27 Juni 2016 ini bertujuan mengukur persepsi masyarakat terhadap kinerja pemberantasan korupsi di Asia Pasifik. Hasilnya cukup mengejutkan, selain DPR, lembaga yang menududuki peringkat kedua dalam rangking terkorup adalah DPD dan DPRD. 

Fungsi lembaga legislatif dianggap kurang maksimal.

Survei Terbaru, DPR Jadi Lembaga Terkorup!Hafidz Mubarak A./ANTARA FOTO

Manajer Departemen Riset TII, Wawan Suyatmiko mengatakan bahwa tingginya tingkat korupsi di mata masyarakat disebabkan oleh banyaknya kasus korupsi yang melibatkan anggota legislatif di daerah dan pusat. Selain itu, kinerja lembaga legislatif dalam menjalankan fungsi utamanya kurang maksimal.

Menurut Wawan, DPR dan DPRD harus memperbaiki sistem yang mereka miliki. Lembaga politik harus merumuskan strategi antikorupsi  yang signifikan untuk memperbaiki korupsi. Selain itu, tata kelola partai politik juga perlu dibenahi supaya selaras dengan usaha pemberantasan korupsi.

Wawan menambahkan, perbaikan sistem rekrutmen pejabat negara yang lebih berintegritas dan jauh dari segala konflik juga harus diterapkan. Dengan cara ini maka diyakini lembaga ini akan menjadi lebih berintegritas, partisipatif, transparan dan akuntabel.

Baca Juga: Dinilai Hina Nabi Muhammad, Anggota DPR Desmond Dipolisikan.

Rangking lembaga kepolisian membaik.

Survei Terbaru, DPR Jadi Lembaga Terkorup!Wira Suryantala/ANTARA FOTO

Salah satu lembaga yang juga disorot adalah kepolisian. Jika pada tahun 2013 lalu kepolisan masih berpredikat terkorup, berdasarkan survei terakhir TII, peringkat kepolisian saat ini membaik di posisi 5. Hal ini tak lepas dari berbagi perbaikan di internal lembaga tersebut. Meskipun mengalami perbaikan, namun masyarakat masih menganggap bahwa kepolisian masih menjadi tempat yang paling sering digunakan untuk praktik suap. 

Baca Juga: Meski Masih Muda, 10 Anggota DPR Ini Telah Menjadi Penyambung Suara Rakyat di Senayan. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya