Debat Pamungkas Jadi Penentu, Ini Strategi Masing-Masing Cagub

Semua kandidat menjanjikan peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat Jakarta.

Perdebatan sengit diperkirakan akan kembali tersaji nanti malam. Ketiga pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI akan kembali menjalani debat resmi yang akan diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum. Debat nanti malam akan terasa spesial karena merupakan tahapa terakhir sebelum pemungutan suara yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017 nanti. 

Debat Pamungkas Jadi Penentu, Ini Strategi Masing-Masing CagubHafidz Mubarak A./ANTARA FOTO

Dikutip Kompas.com, (10/2), debat penentu ini nantinya akan membahas mengenai masalah kependudukan dan peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat Jakarta. Bagaimanakah persiapan masing-masing kandidat dalam menghadapi debat tersebut?

RPTRA jadi "senjata" Ahok Djarot.

Debat Pamungkas Jadi Penentu, Ini Strategi Masing-Masing CagubWahyu Putro/ANTARA FOTO

Pasangan calon gubernur nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mengaku sudah siap menghadapi debat terakhir tersebut. Terkait tema yang akan dijadikan bahan debat, Ahok mengatakan Pemprov DKI Jakarta menyediakan program ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) bagi anak-anak dan keluarga yang juga dilengkapi dengan sejumlah kamera pengawas.  

Djarot juga menambahkan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah membangun fasilitas yang ramah bagi masyarakat, khususnya para penyandang disabilitas. Fasilitas tersebut antara lain adalah trotoar dengan guiding blocks. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga kedepannya akan mendatangkan guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Kepulauan Seribu.

Sandiaga ingin manfaatkan momen debat untuk menurunkan tensi.

Debat Pamungkas Jadi Penentu, Ini Strategi Masing-Masing CagubM. Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Uno punya cara tersendiri untuk menghadapi debat ketiga. Dia akan berupaya memanfaatkan debat tersebut untuk menurunkan tensi politik Pilkada DKI Jakarta 2017 yang saat ini dalam kondisi tinggi.

Sandiaga lebih mengedepankan rencana lima tahun ke depan untuk warga DKI Jakarta. Jadi dia tidak akan menggunakan Pilkada untuk agenda politik semata. Selain itu, dia juga yakin bahwa masyarakat Jakarta sudah cerdas untuk memilih siapa kandidat yang tepat dan layak untuk duduk di kursi Gubernur ibukota sampai lima tahun kedepan nanti.

Baca Juga: Pilkada DKI 2017: Mitos dan Makna Nomor Pada Masing-masing Kandidat. 

Agus-Sylvi akan canangkan kota ramah perempuan dan anak.

Debat Pamungkas Jadi Penentu, Ini Strategi Masing-Masing CagubAkbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Calon gubernur DKI Jakarta nomor satu, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni juga mengatakan telah mempersiapkan diri menghadapi debat nanti malam.  Sejumlah gagasan telah disiapkannya untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah bagi kaum perempuan dan anak-anak.

Sayangnya, Agus belum dapat membeberkan apa gagasannya untuk mewujudkan Ibu Kota menjadi kota yang aman dan nyaman sekarang. Tapi, dia berjanji akan mengeluarkan semua gagasannya tersebut dalam debat nanti. Dia berharap penampilannya dalam debat terakhir nanti akan bisa menarik hati para pemilih Jakarta..

Baca Juga: Bagaimana Jadinya Kalau Ahok Menang Pilkada, Tapi Divonis Bersalah?

Topik:

Berita Terkini Lainnya