Korban Persekusi di CFD Hendak Melapor, Kantor KPAI Ternyata Tutup

Pelapor kecewa terhadap KPAI

Jakarta, IDN Times - Kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat yang berlokasi di kawasan Jakarta Pusat tutup selama beberapa hari. Dari pengumuman yang ditempelkan di gerbang KPAI diketahui Kantor KPAI baru akan buka pada Senin (7/5) pekan depan.

Gerbang berwarna hitam itu tertutup rapat. Selembar kertas putih dilaminating rapi menempel berisi informasi tutupnya kantor KPAI. Namun pedagang kaki lima tetap berjualan seperti biasanya. "Tutup sampe Senin," kata Nasir pedagang gado-gado di depan KPAI, Kamis(3/5).

Berdasarkan keterangan Nasir, karyawan KPAI sedang pergi ke daerah Bogor. "Semuanya pergi. Sampe security," tutur Nasir lagi.

1. Melewatkan 5 laporan masyarakat

Korban Persekusi di CFD Hendak Melapor, Kantor KPAI Ternyata TutupIDN Times/Margith Juita Damanik

Tutupnya Kantor KPAI ini tampaknya belum informasi ini belum diketahui oleh masyarakat. Hari ini saja menurut Nasir, sudah ada lima pihak yang datang untuk melapor.

Pihak yang datang mengaku tidak mengetahui kantor KPAI tutup. "Kita tidak tahu," tutur Tobby Ndiwa salah satu tim advokasi dari korban yang hari ini datang ke kantor KPAI.

Dari 5 pihak yang datang melapor, dua di antaranya adalah keluarga dari Grace Gabriela Bimusu, gadis kecil yang diduga korban pembunuhan di Bogor, beserta tim advokasinya. Selain itu juga ada pihak Susi Ferawati dan tim kuasa hukum yang merupakan korban persekusi di Car Free Day hari Minggu (29/4) silam.

Baca juga: Tanggapan KPAI soal Viral Kasus Persekusi Anak dan Ibu di CFD

2. Tutup untuk melakukan pelatihan

Korban Persekusi di CFD Hendak Melapor, Kantor KPAI Ternyata TutupIDN Times/Margith Juita Damanik

Menurut lembar kertas yang tertempel di gerbang KPAI seluruh karyawan KPAI sedang menyelenggarakan kegiatan "Peningkatan Kapasitas (Capacity Building) Sumber Daya Manusia (SDM) KPAI Tahun 2018". Kegiatan ini kabarnya berlangsung di Bogor.

"Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan pengaduan KPAI dapat melakukan pengaduan secara online di www.kpai.go.id/pengaduanonline," tulis KPAI dalam lembar pengumumannya.

Dalam kertas yang ditandatangani oleh Pimpinan KPAI dan disertai cap resmi KPAI tersebut diketahui KPAI akan kembali buka pada Senin (7/5) mendatang.

3. Mengecewakan masyarakat

Korban Persekusi di CFD Hendak Melapor, Kantor KPAI Ternyata TutupIDN Times/Margith Juita Damanik

Masyarakat yang datang ke KPAI dengan niat awal melakukan pengaduan mengaku kecewa mendapati kantor KPAI kosong. Masyarakat yang datang juga mengaku tidak mengetahui informasi bahwa KPAI tutup sampai Senin (7/5) mendatang.

"Kecewa," kata Tobby Ndiwa yang merupakan salah satu tim advokasi dari Grace. "KPAI ini kan lembaga pemerintah, meski independen, harusnya buka terus," tuturnya menyatakan kekecewaannya.

Baca juga: Kekerasan Anak Masih Tinggi, KPAI Dorong Sekolah Ramah Anak

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya