Ini 5 Masalah UNBK 2018: Pohon Tumbang Hingga Soal Tidak Utuh

Jakarta, IDN Times - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SLTP hari ini memasuki hari pertama yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Mata pelajaran yang diujikan hari ini yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

Untuk SMU, UNBK sudah lebih dulu diadakan pada 9 April lalu dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan satu mata pelajaran jurusan. Sedangkan, untuk jenjang SMK, UNBK dilaksanakan pada 2 April dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.

Berlangsung tidak sempurna, UNBK 2018 mengalami beberapa masalah dan gangguan saat pelaksanaanya. Berikut lima masalah yang terjadi dalam pelaksanaan UNBK:

1. Jaringan terputus

Ini 5 Masalah UNBK 2018: Pohon Tumbang Hingga Soal Tidak UtuhANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Koneksi internet terputus akibat server bermasalah menjadi kendala utama pelaksanaan UNBK hari ini. Seperti dilansir antaranews.com, Senin (23/4), beberapa daerah mengalami dampaknya akibat masalah ini.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Ujian Nasional Berbasis Komputer harus mundur lebih dari satu jam. Beberapa sekolah di wilayah itu juga harus 'online' lebih akhir karena kecepatan internet yang rendah.

Di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, UNBK juga sempat mengalami keterlambatan selama 30 menit akibat kendala yang sama. Gangguna akibat server mengalami gangguan ini juga terjadi di SMP Negeri di Manado, Sulawesi Utara.

2. Pemadaman listrik

Ini 5 Masalah UNBK 2018: Pohon Tumbang Hingga Soal Tidak UtuhANTARA FOTO/Didik Suhartono

Selain server down, kendala lain pelaksanaan UNBK adalah pemadaman listrik. Seperti terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pemadaman listrik di wilayah ini terjadi karena ada warga yang menebang pohon.

Kejadian itu terjadi di Kecamatan Kuripan. Pohon yang ditebang warga menimpa tiang listrik hingga listrik pun padam. PLN setempat langsung mengalihkan lisrik agar sekolah yang terkena dampak dapat melanjutkan UNBK.

Pemadaman listrik juga terjadi di Kulon Progo, Yogyakarta. Listrik sempat padam selama 15 menit hingga menyebabkan sekolah tidak dapat melaksanakan UNBK. Pemadaman listrik terjadi karena adanya kerusakan travo di salah satu gardu Pengasih.

Baca juga: Kritik Sulitnya Soal UNBK Matematika, KPAI Akan Temui Kemendikbud dan DPR

3. Tidak ada komputer

Ini 5 Masalah UNBK 2018: Pohon Tumbang Hingga Soal Tidak Utuh ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Kasus lain juga terjadi di SMP Negeri 18 Palu, Sulawesi Tengah, Ujian Nasional terpaksa dilaksanakan tanpa menggunakan komputer. Padahal banyak sekolah di Indonesia yang sudah melaksanakan UNBK.

Sekolah yang terletak di Kelurahan Mamboro, Palu Utara, Sulawesi Tengah ini terpaksa mengerjakan soal Ujian Nasional tanpa komputer,  karena keterbatasan fasilitas.

4. Sulitnya soal Matematika

Ini 5 Masalah UNBK 2018: Pohon Tumbang Hingga Soal Tidak UtuhIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak hanya masalah jaringan atau koneksi internet yang menjadi kendala, sulitnya soal Matematika juga menjadi kendala UNKB. Baik tingkat SLTP maupun SLTA. Saat dilaksanakan pada 9-12 April lalu, media sosial dipenuhi curahan hati millennial terkait masalah tersebut.

Mame, lelucon, hingga curahatan hati terkait sulitnya soal Matematika UNBK menjadi trending topik di media sosial. Bahkan, untuk jurusan IPS, beberapa menyebutkan soal Matematika dan Ekonomi yang didapat tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan.

Meski tidak lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan, namun mereka resah.

5. Soal tidak utuh

Ini 5 Masalah UNBK 2018: Pohon Tumbang Hingga Soal Tidak Utuhjejakkepri.com

Di beberapa sekolah di Jawa Tengah, soal yang diterima siswa juga menjadi masalah. Sebab, soal-soal tersebut ternyata tidak utuh, sehingga pelaksanaan UNBK jenjang SMA di wilayah tersebut terhambat.

Masalah ini langsung ditindaklanjuti proktor atau orang yang bertanggung jawab mengendalikan server dan teknisi yang berkoordinasi dengan pihak sekolah. Dugaan penyebab masalah ini karena sekolah tidak menginstall ulang operating system (OS) yang diimbau oleh tim pusat.

Baca juga: Lapor ke KPAI, Begini Curhatan Siswa terkait Sulitnya Soal UNBK Matematika

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya