Ini 4 Kejadian Penumpang Diturunkan Secara Paksa dari Pesawat

Ada-ada saja yaa kelakuannya

Jakarta, IDN Time – Seorang penumpang diturunkan secara paksa dari sebuah maskapai penerbangan karena merokok di dekat pesawat. Namun kejadian penumpang diturunkan secara paksa bukan kali ini terjadi. Banyak kasus serupa pernah terjadi sebelumnya. Berikut empat di antaranya.

1. Suami ketahuan selingkuh, pasangan suami istri diturunkan paksa dari pesawat

Ini 4 Kejadian Penumpang Diturunkan Secara Paksa dari Pesawatcitilinku.com

Diawali karena sang istri membuka ponsel milik sang suami dan menemukan fakta perselingkuhan sang suami, pasangan suami istri lantas bertengkar di pesawat dan terpaksa diturunkan dari pesawat.

Penerbangan itu diketahui dengan maskapai Qatar Airways dari Doha menuju Bali. Perkelahian antar suami istri ini disaksikan oleh banyak penumpang di dalam pesawat dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Pasangan suami istri yang diketahui melakukan penerbangan bersama dengan anaknya ini kemudian diturunkan di bandara Chennai, sementara pesawat yang awalnya mereka tumpangi tetap melanjutkan perjalanan menuju Bali. Diketahui keluarga ini kemudian diterbangkan kembali pulang ke Doha.

2. Cekcok dengan pramugari, penumpang Citilink diturunkan paksa dari pesawat

Ini 4 Kejadian Penumpang Diturunkan Secara Paksa dari Pesawatyoutube.com

September 2017 yang lalu kejadian penurunan paksa penumpang maskapai penerbangan terjadi. Penerbangan dengan maskapai Citilink dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara dengan rute menuju Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Jakarta. Penerbangan Citilink dengan nomor penerbangan QG 0837 yang seharusnya lepas landas sejak pukul 09.35 WIB tertunda akibat adanya cekcok yang terjadi antara pramugari dan penumpang.

Menurut informasi, cekcok terjadi diawali karena kelebihan kapasitas bagasi yang dibawa oleh penumpang atas nama Rimon Sianipar dan Nursyda Sihombing. Sang pramugari mengarahkan agar barang yang dibawa ke dalam pesawat tersebut dimasukan ke dalam bagasi. Alih-alih merespon positif, pasangan suami istri ini justru berakhir cekcok dengan sang pramugari dan dipaksa turun oleh petugas. Gawat juga ya.

3. Merokok dekat pesawat, Penumpang diturunkan secara paksa dari pesawat

Ini 4 Kejadian Penumpang Diturunkan Secara Paksa dari PesawatYouTube

Kejadian ini terjadi pada hari minggu (25/2) pada penerbangan maskapai Citilink 21.35 WIB dengan rute Jakarta-Denpasar. Iwan Limau, penumpang pesawat Citilink dengan nomer penerbangan QG 165 diturunkan secara paksa oleh petugas keamanan Bandar Udara Halim Perdana Kusuma karena terlihat masih merokok sampai naik ke tangga menuju pintu masuk pesawat. Sejak memasuki boarding gate, Iwan sudah tampak merokok dan masih merokok sampai menaiki tangga menuju pesawat.

Viral video bagaimana petugas meminta Iwan turun di sosial media. Iwan sendiri sempat ngotot tidak mau meninggalkan pesawat dan sempat berdebat dengan petugas keamanan bandara. Menurut keterangan dari pihak Citilink, tindakan Iwan merokok di dekat pesawat ini dapat membahayakan penumpang lainnya. Wah, jangan ditiru ya.

4. Diketahui sakit cacar, seorang anak diturunkan paksa dari pesawat

Ini 4 Kejadian Penumpang Diturunkan Secara Paksa dari Pesawatilustrasi: teropongsenayan.com

Kondisi kesehatan juga ternyata sangat perlu diperhatikan sebelum melakukan penerbangan, loh. Ada beberapa penyakit yang tidak disarankan untuk tidak melakukan penerbangan dengan alasan keselamatan bagi sang penderita penyakit juga bagi kenyamanan dan keselamatan penumpang lainnya.

Salah satunya adalah penyakit cacar. Penderita penyalit cacar ternyata tidak disarankan melakukan penerbangan, loh. Karena penyakit ini dapat menular melalui udara.

Tahun 2014 silam, dengan rute penerbangan Pangkal Pinang – Jakarta, seorang anak diturunkan dari pesawat setelah ketahuan mengidap penyakit cacar. Kejadian dalam penerbangan dengan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0619 itu sempat jadi pembicaraan lantaran menurut keterangan pihak keluarga, pihak angkasa pura sendiri sudah memberikan izin kepada sang anak untuk tetap melakukan penerbangan.

Namun ketika sabuk keselamatan sudah dipasang, mereka malah diminta turun. Kasihan ya. Pastikan kesehatan mu sebelum melakukan penerbangan ya.

Baca juga: Viral Video Penumpang Citilink Diturunkan karena Ngeyel Merokok di Dekat Pesawat

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya