Viral Video Penumpang Citilink Diturunkan karena Ngeyel Merokok di Dekat Pesawat

Wah dikira naik kopaja nih

Jakarta, IDN Times - Jangan coba-coba 'ngeyel' merokok di pesawat. Petugas akan menurunkanmu dari pesawat karena melanggar aturan penerbangan. Ini yang terjadi kepada Iwan Limau,  penumpang pesawat Citilink penerbangan QG 165 tujuan Jakarta-Denpasar. Iwan  diturunkan paksa  gara-gara masih merokok saat hendak naik ke pesawat. Tindakan tegas petugas keamanan Bandara Halim Perdanakusuma berdasarkan aturan keselamatan penerbangan. 

1. Pihak Citilink membenarkan video petugas paksa penumpang turun karena merokok

Viral Video Penumpang Citilink Diturunkan karena Ngeyel Merokok di Dekat PesawatYoutube IDNtimes

Informasi videonya beredar di internet. Corporate Communication Citilink Benny Butar Butar membenarkan peristiwa yang terjadi pada Minggu (25/2/2018). Iwan menumpang pesawat dengan jadwal penerbangan pukul 21.35 WIB. Iwan diketahui merokok saat berada di boarding gate hingga saat berada di tangga pesawat.

2. Penumpang melaporkan Iwan yang merokok ke petugas

Viral Video Penumpang Citilink Diturunkan karena Ngeyel Merokok di Dekat Pesawathngn.com

"Saat di boarding gate, penumpang yang bersangkutan sudah terlihat merokok. Dia masih melakukannya saat boarding menuju pesawat dan juga masih merokok saat naik ke tangga pesawat. Hal itu dilihat banyak orang dan penumpang lainnya, sehingga begitu ada laporan yang masuk ke petugas keamanan bandara (aviation sevurity-avsec) segera diambil tindakan," ujar Benny kepada IDN Times, Senin (26/2/2018).

Baca juga: Pro Kontra Regulasi Cukai Rokok Elektrik:  Bahaya Asap Vs Uap

3. Merokok di dekat pesawat pun membahayakan keselamatan penerbangan

Viral Video Penumpang Citilink Diturunkan karena Ngeyel Merokok di Dekat Pesawatjigsy.com

Benny menambahkan, disaat bersamaan pesawat sedang mengisi bahan bakar avtur (refueling). Posisi Iwan juga dekat dengan mesin pesawat. Benny mengatakan kondisi tersebut jelas sangat mengancam dan membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Petugas keamanan bandara bersama pihak Citilink meminta penumpang yang bersangkutan untuk turun," kata Benny.

Aksi Iwan yang duduk di kursi 12 itu terekam video oleh seorang turis asing. Dalam video tersebut terlihat Iwan sempat ngotot dan berdebat dengan petugas karena tidak mau diturunkan.

"Citilink menilai perilaku penumpang yang bersangkutan dapat membahayakan keselamatan penerbangan sehingga terpaksa mengambil langkah tegas, terlebih saat diberitahu malah 'ngeyel' dan terlibat adu mulut dengan petugas keamanan," kata Benny melalui pesan pendek.

"Perilakunya jelas-jelas dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan. Dalam industri airlines kami harus bisa memastikan tidak ada satupun aturan keselamatan yang dilanggar sehingga operasional penerbangan dapat berjalan dengan aman, lancar dan nyaman," kata Benny.

Baca juga: 9 Fakta Albert Burhan, Dirut Citilink yang Mundur Diduga Karena Pilot Mabuk

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya