Ini 4 Perbedaan Pernikahan Anak Presiden di Indonesia

Royal weddingnya Indonesia

Jakarta, IDN TimesRoyal Wedding di Indonesia terlihat dari meriahnya pernikahan anak Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, peristiwa langka ini juga digelar. Yakni pada pernikahan Agus Yudhoyono dan Edhi Baskoro Yudhoyono.

Dan di masa pemerintahan Joko Widodo juga melakukan hal yang sama, dengan menikahkan dua anak mereka. Yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Baca juga: Sah, Bobby Resmi Jadi Suami Kahiyang

Lalu seperti apa perbedaan pernikahan dari anak ke dua para Presiden Indonesia ini, khususnya Edhie Baskoro Yudhoyono dan Kahiyang Ayu? Berikut ulasannya;

1. Adat

Ini 4 Perbedaan Pernikahan Anak Presiden di Indonesia IDN Times/Jhon Sumbar dan Dinar Anhar blogger

Dalam pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dengan Siti Rubi Aliya Rajasa (Aliya), adat yang digunakan adalah adat Palembang. 

Sedangkan dalam pernikahan Kahiyang Ayu(Kahiyang) dengan Bobby Nasution (Bobby), adat yang digunakan adalah adat Jawa klasik.

2. Saksi

Ini 4 Perbedaan Pernikahan Anak Presiden di Indonesia antarafoto.com

Boediono dan Amien Rais kala itu hadir dalam pernikahan Ibas-Aliya sebagai saksi. Sementara Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hadir sebagai saksi di pernikahan Kahiyang dan Bobby. 

3. Pesta dan pengamanan

Ini 4 Perbedaan Pernikahan Anak Presiden di Indonesia Dinar Anhar blogger/IDN Times Jhon Sumbar

Akad nikah Ibas-Aliya di adakan di Istana Cipanas pada tanggal 24 November 2011 dengan pengamanan 3.000 personel aparat keamanan. 

Sementara pada pernikahan putri tunggal Presiden Jokowi yang di adakan di Graha Saba Buana pada 8 November 2017 terdapat 1.155 personel aparat keamanan yang diturunkan. Dengan ribuan tamu undangan yang hadir. 

4. Mas kawin

Ini 4 Perbedaan Pernikahan Anak Presiden di Indonesia faktabanten.co.id

Pada pernikahan Ibas-Aliya diketahui, mas kawin yang diberikan kepada mempelai perempuan emas seberat 100 gram. Angka 100 sendiri, dipilih penggabungan dari tanggal lahir Ibas dan Aliya dan dikalikan dua.

Sementara pasangan Kahiyang-Bobby memiliki mas kawin berupa seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram.

Baca juga: Pejabat hingga Para Mantan Hadiri Pernikahan Kahiyang dan Bobby 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya