Sambangi KPU, Ini yang Dibahas Wiranto

Wiranto memprediksi akan banyak masalah saat pemilu

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan koordinasi menyukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. 

"Saya datang ke kantor KPU ketemu Pak Arief Budiman dan Komisioner KPU untuk melakukan komunikasi dan koordinasi," kata Wiranto di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (6/3).  

1. Lakukan sinkronisasi persiapan Pemilu dan Pilkada

Sambangi KPU, Ini yang Dibahas Wiranto IDN Times/Linda Juliawanti

Menurut Wiranto, Kemenpolhukam bersama KPU membahas mengenai persiapan jelang Pilkada dan Pemilu. 

"Ini butuh persiapan dan persiapan sudah dilakukan tetapi kita ingin supaya persiapan itu ada sinkronisasi dengan penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu serta pemerintah sebagai fasilitator dalam pemilu," kata dia.

Baca juga: KPU Larang Paslon Main Sinetron, 5 Calon Kepala Daerah Ini Sering Muncul di Televisi

2. Permasalah seputar logistik hingga  KTP Elektronik

Sambangi KPU, Ini yang Dibahas Wiranto IDN Times/Linda Juliawanti

Wiranto memaparkan akan banyak masalah yang terjadi pada Pemilu, salah satunya terkait logistik surat suara sampai kecurangan yang mungkin terjadi.

"Masalah penyiapan fasilitas, jumlah anggota di BPK, kemudian juga logistik yang masih harus didorong dengan baik kemudian beberapa daerah yang masih e-ktpnya masih perlu perhatian khusus banyak yang harus diselesaikan," ucapnya.

3. Segera menggelar rapat besar dengan kementerian terkait

Sambangi KPU, Ini yang Dibahas Wiranto IDN Times/Linda Juliawanti

Wiranto meyakini dengan melakukan konsolidasi jauh-jauh hari, maka permasalahan yang nantinya akan terjadi bisa diselesaikan sebelum perhelatan Pilkada dan Pemilu digelar. Untuk itu, ke depan dia akan melakukan rapat besar dengan kementerian terkait.

"Segala masalah akan kita bicarakan nanti dan ada upaya sekaligus semua masalah bisa ditampung karena saya akan menghadirkan menteri terkait lembaga terkait dengan maslaah pilkada serentak maupun pemilu," tandasnya.

Baca juga: Bawaslu Putuskan PBB Jadi Peserta Pemilu 2019, Begini Tanggapan KPU

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya