Kerap Diterpa Isu Miring, Relawan Jokowi Minta Lawan Buat Program Tandingan

Sebaiknya adu gagasan, bukan melempar hoax

Jakarta, IDN Times - Relawan Joko "Jokowi" Widodo yang tergabung dalam barisan organisasi masyarakat (ormas) Projo geram dengan isu-isu miring yang menerpa Jokowi belakangan ini. 

Mereka meminta para lawan Jokowi beradu program dalam kontestasi Pemilu 2019 mendatang.

1. Jokwoi sudah biasa diterpa isu tak sedap

Kerap Diterpa Isu Miring, Relawan Jokowi Minta Lawan Buat Program TandinganAntarafoto

Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengatakan memang bukan hal yang baru bagi Jokowi 'digoreng' isu miring, terutama terkait politik identitas dan SARA.

"Jokowi sejak 2014 sudah banyak orang menggoreng menggunakan isu-isu soal agama lah, apalah yang hoax-hoax. Itu memang dianggap salah satu hal yang belum tertutup sempurna oleh Jokowi," ujar Budi saat dikonfirmasi, Selasa (20/3). 

Baca juga: Fadli Zon: Pemerintah Jokowi Cuma Revolusi Beton

2. Pilpres bukan adu hoax

Kerap Diterpa Isu Miring, Relawan Jokowi Minta Lawan Buat Program TandinganIDN Times/Sukma Shakti

Namun, Budi meminta agar lawan politik Jokowi maupun pihak-pihak yang tak menyukai kepimpinan Jokowi tak lagi menggunakan cara yang sama di Pilpres 2019 ini. Lebih baik, ujar Budi, rival Jokowi nantinya membuat program berbobot.

"Pilpres itu adu gagasan bukan adu hoax. Kalau gak setuju nawacita buat program tandingan yang berbobot, perdebatan produktif sehingga bisa berguna bagi bangsa dan masyarakat," pintanya.

3. Jokowi harus pandai pilih pendamping

Kerap Diterpa Isu Miring, Relawan Jokowi Minta Lawan Buat Program TandinganIDN Times/Sukma Shakti

Lebih lanjut Budi menilai, Jokowi sejatinya membutuhkan pendamping yang mampu mengimbangi kekurangannya, terutama dalam menutup isu-isu miring yang beredar.

"Figur yang dibutuhkan yang mampu mengisi identitas itu. Jangan sampai punya kepentingan sendiri sehingga menimbulkan dampak buruk, harus sama ikhlasnya dengan Jokowi," kata dia.

Menurutnya, cawapres Jokowi nantinya harus satu tarikan nafas sekaligus mampu mengakomodir masyarakat yang belum menjatuhkan pilihannya kepada mantan Walikota DKI Jakarta ini. 

"Cawapres Pak Jokowi harus kredibel, berintegritas, dan mampu menjadi pasangan yang menghadirkan daya tarik dandaya terima bagi parpol dan masyarakat," tandasnya.

Seperti diketahui, saat ini Jokowi sedang digoyang isu-isu miring. Politisi Amien Rais, misalnya, menyebut bagi-bagi sertifikat yang dilakukan Jokowi adalah kebohongan. 

Sementara Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut revolusi mental yang dicanangkan Jokowi gagal total dan menyebutnya sebagai 'revolusi beton'. Menurut Fadli, Jokowi hanya senang membangun infrastruktur. 

Baca juga: Mengharukan: Siswi Difabel Ini Meminta Kursi Roda Kepada Jokowi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya