Hadiri FKUB, Mendagri Tjahjo Sindir Fadli Zon Yang Gemar Mengkritik Pemerintah

Mendagri minta Menag dan DPR terlibat aktif jaga kerukunan agama

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (18/4). 

Dalam sambutannya, Tjahjo mengimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga harmoni kebangsaan, terutama menjelang hajatan demokrasi yang akan berlangsung secara serentak.

1. Setiap kebijakan melibatkan tokoh agama

Hadiri FKUB, Mendagri Tjahjo Sindir Fadli Zon Yang Gemar Mengkritik PemerintahIDN Times/Linda Juliawanti

Tjahjo mengatakan perlu peran tokoh agama, masyarakat, dan adat dalam proses pengambilan kebijakan politik pembangunan di daerah, di tingkat gubernur sampai kelurahan. 

"Tugas pemerintah hukumnya wajib memberikan jaminan kepada warga Indonesia untuk bisa menjalankan apa keyakinan umat beragama, beribadah yang harus diakomodasikan, dijaga keamanannya, oleh jajaran Pemda," ujar Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (18/4). 

Baca juga: Sebut Kitab Suci Adalah Fiksi, Rocky Gerung Dipolisikan Karena Dituduh Menista Agama

2. Mendagri minta DPR dan Menteri Agama turut menjaga kerukunan umat beragama

Hadiri FKUB, Mendagri Tjahjo Sindir Fadli Zon Yang Gemar Mengkritik PemerintahKemendagri.com

Menurut Tjahjo kerukunan umat beragama dan harmonisasi masyarakat harus terus dikampanyekan di Indonesia. Dia meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk turut memberikan bantuan agar terciptanya kerukunan beragama.

"Makanya kami mohon dengan hormat pada Menteri Agama dari enam agama sah, setelah itu kami mohon DPR agar hak budget dan anggaran, hak membuat UU, serta fungsi pengawasan bisa dijalankan untuk kelangsungan umat beragama," ucap politikus PDIP itu.

3. Mendagri sindir Fadli Zon yang kerjanya terus mengkritik pemerintah

Hadiri FKUB, Mendagri Tjahjo Sindir Fadli Zon Yang Gemar Mengkritik PemerintahIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ada kejadian unik dalam sambutan Tjahjo. Tak lama setelah berbicara mengenai peran DPR dalam menciptakan kerukunan umat beragama, dia menyindir Wakil Ketua DPR Fadli Zon, yang gemar mengkritik. 

"Kalau Pak Ketua DPR yang baru ini orang yang demokratis, mengkririk pemerintah hak Beliau, bebas, tapi ada wakil ketua Beliau yang kerjanya itu kritik aja, yang terhormat Bapak Fadli Zon kritik terus, pokoknya pemerintah gak ada yang bener. Tapi itu gak masalah namanya oposisi. Kalau Pak Ketua nya kan dari partai pendukung pemerintah," ucap Tjahjo bernada gurau, dan disambut tawa hadirin.

4. Mendagri berpesan agar setiap masyarakat bisa saling menghargai

Hadiri FKUB, Mendagri Tjahjo Sindir Fadli Zon Yang Gemar Mengkritik PemerintahANTARA FOTO/Humas Pemprov Lampung

Tjahjo juga mengimbau agar masyarakat bisa saling menghargai tanpa mempergunjingkan perbedaan. Antara mayoritas dan minoritas harus saling menghargai. Harmonisasi adalah kunci untuk menjaga stabilitas dan mempercepat proses pemerataan daerah kesejahteraan rakyat.

"Ini tanggung jawab kita bersama. Agama saya menyatakan setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin kelak akan dimintai pertangungjawaban kepada Allah SWT. Mari sekecil apapun yang kita perbuat harus mampu kita pertangung jawabkan kepada diri, kita organisasi, kepada masyarakat, daerah, bangsa dan negara dan nantinya pada Allah SWT, Tuhan YME," kata dia.

Rakornas ini dihadiri 1.200 peserta terdiri dari kementerian atau lembaga terkait aparat pemerintah daerah seperti ketua FKUB provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, serta pejabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri. 

Hadir pula Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Baca juga: Dianggap Menista Agama, Amien Rais Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya