Ini Penjelasan IDI Soal Foto Perawatan Setya Novanto

IDI buka suara

Laporan IDN Times, Fitang Budhi Adhitia

Jakarta, IDN Times - Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merespon hal terkait komentar publik yang mempertanyakan sikap IDI terhadap tersangka dugaan korupsi dalam melakukan perawatan yang dipandang tidak sesuai. Hal ini berkaitan dengan kasus yang menimpa ketua DPR Setya Novanto (Setnov) beberapa waktu yang lalu. 

Banyak foto Setnov yang beredar sedang tertidur dengan perban dan selang infus, yang dirasakan janggal oleh masyarakat. 

Baca juga: Tompi: Kepala Kebentur Diperban? Dokternya Perlu Sekolah Lagi

Ini Penjelasan IDI Soal Foto Perawatan Setya NovantoIstimewa

Oleh karena itu, PB IDI melalui ketuanya menyampaikan agar masyarakat tidak hanya menilai melalui foto-foto tersebut dan langsung menghakimi bahwa tindakan tersebut adalah murni dari profesi seorang dokter.

"Penyimpangan Praktik kedokteran tidak bisa disimpulkan hanya melalui foto yang beredar melalui sosial media. IDI perlu memastikan penyimpangan tersebut, benar dilakukan oleh dokter atau ada pihak lain di fasilitas kesehatan. IDI menghimbau agar masyarakat tidak langsung menyalahkan dokter pada setiap kasus yang ada," kata Ketua IDI Prof. DR. Ilham Oetama Marsis di PB IDI, Jalan GSSY Ratulangie No. 29, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

Ini Penjelasan IDI Soal Foto Perawatan Setya NovantoIDNTimes/Fitang Adhitia

Terkait dengan dugaan penyimpangan praktik kedokteran tersebut, PB IDI melalui Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) akan berkordinasi untuk melalukan pemeriksaan terhadap dokter tersebut.

"Kami selaku organisasi profesi menjamin kepada publik bahwa, pengawasan dan pembinaan praktik kedokteran oleh dokter (anggota IDI) terus dilakukan. Pelanggaran yang dibuktikan melalui persidangan etik akan dijatuhi sanksi etik sesuai dengan berat atau tidaknya pelanggaran," kata Prijo Sidipratomo selaku ketua MKEK Pusat.

Baca juga: Kerap Bela Setya Novanto, Ahli Tata Negara Ini Dipanggil KPK

Topik:

Berita Terkini Lainnya