Gempa 6,5 SR Guncang Papua Nugini

Tidak ada peringatan tsunami

Papua Nugini, IDN Times - Rabu(8/11) dini hari, gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Papua Nugini dengan kedalaman 107 kilometer, sekitar 67 kilometer dari Kota Angoram.

Baca juga: Pagi Tadi, Dua Gempa Guncang Wilayah Indonesia

Gempa 6,5 SR Guncang Papua Nuginisatriabajahitam.com

Sebagaimana dilansir antara, dalam peristiwa tersebut tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkaan oleh pemerintah setempat.

"Gempa dengen kekuatan 6,5 SR ini menyebabkan kerusakan dan memungkinkan terjadinya tanah longsor," kata Phil Cummins, ahli seismolog Geoscience Australia.

Untuk wilayah Papua Nugini, gempa bumi biasaya terjadi di lempeng Australia Pasifik sepanjang 4.000 kilometer.

Gempa tersebut, ternyata bukan pertama kalinya wilayah pegunungan ini masuk dalam kategori tinggi. Pada 17 Desember 2016 silam, Papua Nugini pernah diguncang gempa hingga 7,9 SR.

Gempa 6,5 SR Guncang Papua NuginiSumber Gambar: smeaker.com

Dimana gempa tersebut terjadi pada pukul 15.30 waktu setempat dan berada di 40 kilometer (25 mil) di sebelah barat Panguna, dengan kedalaman 153 kilometer.

Bahkan The Pacific Tsunami Warning Centre telah memperingatkan warga sekitarnya terkait potensi gelombang tsunami di daerah pesisir Papua Nugini, Nauru, Vanuatu, Indonesia dan Kepulauan Solomon serta daerah lain.

Baca juga: Gempa 6,4 SR Mengguncang Aceh, Netizen Kirimkan Cuitan Duka Cita

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya