Promosikan Asian Games 2018, Sandiaga Usulkan Ondel-ondel Berwajah Raisa

Kira-kira Raisanya mau gak, ya?

Jakarta, IDN Times – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin agar salah satu ikon budaya Betawi, yakni ondel-ondel, mendapat perhatian lebih dari masyarakat.

Pada awal Februari lalu Sandiaga pernah meluncurkan One Kecamatan One Ondel-ondel Betawi (OK Obe), kini ia memliki ide lain.

1. Promosi Asian Games melalui ondel-ondel

Promosikan Asian Games 2018, Sandiaga Usulkan Ondel-ondel Berwajah Raisa IDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga mengatakan dirinya telah bertemu Ketua INASGOC Erick Thohir. Pada pertemuan tersebut ia menyampaikan jika baru 20 persen warga Jakarta yang tahu ada Asian Games 2018.

Karena itu Sandiaga berencana menggunakan ondel-ondel sebagai alat sosialisasi sekaligus promosi Asian Games 2018. “Kita ingin gunakan kesempatan itu untuk mensosialisasikan secara masif. Misalnya saya suka lihat ada ondel-ondel yang keliling-keliling gitu,” katanya di Blok G, Balai Kota, Jakarta, Senin (5/3).

Baca juga: Ternyata Ada Unsur Mistik di Balik Dandanan Meriah Ondel-ondel!

2. ‘Kawinkan’ dengan maskot Asian Games

Promosikan Asian Games 2018, Sandiaga Usulkan Ondel-ondel Berwajah Raisa IDN Times/Helmi Shemi

Bhin-bhin, Atung dan Kaka adalah maskot Asian Games 2018 ini. Sandiaga berpikir untuk ‘mengawinkan’ mereka bertiga dengan ondel-ondel.

“Alangkah baiknya kalau mereka (maskot Asian Games) diubah menjadi kostumnya untuk 6 bulan ke depan menjadi kostum Atung berpasangan dengan ondel ondel betawi, kostum Bhin-bhin dengan ondel ondel Betawi dan Kaka,” papar politikus Gerindra ini. "Dengan itu terjadilah asimilasi antara budaya Betawi dengan Asian Games,” imbuhnya.

3. Ondel-ondel dengan muka aktor terkenal?

Promosikan Asian Games 2018, Sandiaga Usulkan Ondel-ondel Berwajah Raisa IDN Times/Ramadani Barus

Ide lain yang disebut Sandiaga adalah menggunakan ondel-ondel dengan wajah artis internasional.

“Kita mau ondel-ondel khas misalnya mukanya mirip dengan Brad Pitt. Atau mukanya mirip sama yang sekarang Tom Hanks, Ryan Gosling yang La La Land. Yang perempuan misalnya bisa seperti Raisa. Mukanya Raisa tapi pakaiannya ondel-ondel juga bisa,” sebutnya.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ini menjelaskan bahwa keinginannya tersebut dapat direalisasikan dengan memesan ke ondel-ondel.

“Tapi apakah kita mesti bayar royalti saya juga gak tau. Tapi kalau UKM mestinya sih diberi kemudahan,” pungkasnya.

Baca juga: 7 Wisata Indah yang Dilewatkan Sandiaga Uno, Sayang Banget Ya Pak!

Topik:

Berita Terkini Lainnya