Mulai Besok, KPU Mulai Memverifikasi Partai Politik

Ini jadwal lengkap partai yang akan diverifikasi

Jakarta, IDN Times – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan 12 partai politik tingkat pusat dan provinsi peserta pemilu tahun 2019 dengan melibatkan Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi.

1. Verifikasi dilakukan selama 2 hari 

Mulai Besok, KPU Mulai Memverifikasi Partai PolitikIDN Times/Helmi Shemi

Pelaksanaan verifikasi akan dilakukan selama dua hari, mulai 28-29 Januari 2018 yang dibagi menjadi 3 waktu. Minggu pukul 10.00-11.00 WIB untuk partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Bulan Bintang (PBB), pukul 12.00-13.00 WIB untuk Partai Amanat Nasional (PAN). Terakhir pukul 14.00-15.00 WIB untuk partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan partai Demokrat.

Selanjutnya pada hari Senin, 29 Januari, giliran partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akan diverifikasi pukul 12.00-13.00 WIB. Kedua pada pukul 14.00-15.00 WIB giliran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Terakhir adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Baca juga: Bawaslu: Pilkada dan Pemilu Sekarang Lebih Berat

2. Komisioner KPU yang melakukan verifikasi diundi

Mulai Besok, KPU Mulai Memverifikasi Partai PolitikIDN Times/Helmi Shemi

Dalam melakukan verifikasi, para komisioner KPU dibagi menjadi 3 tim yang kemudian mengambil 12 bola dengan logo partai secara acak. Pengundian ini dilakukan agar tidak ada kecurigaan dan prasangka antarkomisioner.

“Kami tidak tentukan di awal siapa verifikasi ke mana, kami juga sengaja melakukan pengundian untuk menentukan komisioner bersama tim verifikasi. Dari tim akan melakukan verifikasi faktual ke partai apa tanpa ditentukan partai politik mereka sendiri,” jelas Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (27/1).

Berikut adalah daftar komisioner KPU dengan partai yang akan mereka verifikasi.

  • Tim A: Wahyu Setiawan dan Ilham Saputra untuk partai Golkar, PAN, PPP, PDI-P
  • Tim B: Viryan dan Pramono Ubaid untuk partai Demokrat, Gerindra,PBB, PKB
  • Tim C: Evi Novida Ginting dan Hasyim Asy'ari untuk partai PKP, PKS, Nasdem dan Hanura.

3. Dibantu Bawaslu

Mulai Besok, KPU Mulai Memverifikasi Partai PolitikIDN Times/Helmi Shemi

Pelaksanaan verifikasi faktual akan dibantu oleh Bawaslu. Namun Ketua Bawaslu RI Abhan tidak mau mengungkap siapa nama petugas Bawaslu yang akan membantu melakukan verifikasi.

“Prinsipnya kami akan mengawasi secara serentak apa yang dilakukan KPU di 12 parpol mulai besok. Kami juga siapkan tim secara melekat oleh tim KPU. Karena ini pengawas, tim kami tidak umumkan hari ini. Karena pengawas itu sidak,” ujar Abhan. 

Baca juga: 5 Langkah KPU-KPAI Cegah Anak Jadi Korban Kampanye Hitam dan Hoax saat Pilkada

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya