Gubernur DKI Jakarta Izinkan Area Monas untuk Milad 212

Semoga aksinya berjalan tertib ya

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memperbolehkan reuni akbar 212 yang akan digelar di kawasan Monumen Nasional, Jakarta pada Sabtu (2/12) mendatang.

Orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta ini mengungkapkan surat terkait permohonan izin sudah masuk ke pihaknya sejak seminggu lalu.

"Setelah diberi persetujuan, Saya katakan, pastikan semuanya sesuai dengan peraturan gubernur yang baru," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta usai pengesahan APBD DKI 2018, Kamis (30/11).

Baca juga: Ketua FPI Rizieq Shihab Bakal Hadiri Reuni 212 di Monas?

Gubernur DKI Jakarta Izinkan Area Monas untuk Milad 212 IDN Times/Helmi Shemi

Meski demikian, ketika ditanya apakah ia akan memberikan sambutan pada acara itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku belum tahu. "Belum tahu tuh. Belum tahu," katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jkarta telah merevisi Peraturan Gubernur (Pergub) yang memperbolehkan kegaiatan keagamaan dan kebudayaan digelar di Monas.

Sebagaimana diketahui, ribuan umat Islam yang terlibat aksi damai 212 berencana mengadakan reuni akbar di Monas, Jakarta Pusat, pada 2 Desember 2017.

Gubernur DKI Jakarta Izinkan Area Monas untuk Milad 212 republika.co.id

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono meragukan kehadiran Rizieq Shihab yang terlibat kasus dugaan asusila di media sosial.  

"Kata siapa datang? Kita lihat saja nanti," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/11). 

Argo juga enggan berandai-andai apa yang akan dilakukan kepolisian terkait kasus asusila tersebut apabila Rizieq Shihab hadir. "Tidak usah berandai-andai ya," kata dia.

Gubernur DKI Jakarta Izinkan Area Monas untuk Milad 212 breakingnews.co.id

Soal pengamanan reuni 212, kata Argo, kepolisian menjamin keamanan sepanjang acara berlangsung.

"Jadi untuk milad 212, sudah dikirim pemberitahuan ke Mabes Polri ya. Polda Metro Jaya siap untuk mengamankan," ujar dia.

Menurut Argo, kepolisian akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengawal demonstrasi tersebut dengan aman. Di antaranya adalah prajurit TNI.

"Estimasi ada ratusan ribu orang. Kita akan kirim pasukan, bekerja sama dengan TNI, kalau nanti masa banyak, kita tambah dengan Brimob Nusantara," Argo menandaskan.

Baca juga: Din Syamsuddin: Saya Tidak Ikut Aksi 212, Tapi Tidak Melarangnya 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya