Demi Penataan Tanah Abang, Anies-Sandi Bakal Kunjungi Grand Bazaar Istanbul

Anies atau Sandi bakal berkunjung tahun ini

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendapat undangan dari Pemerintah Kota Istanbul, Turki, untuk berkunjung ke negara itu tahun ini.

“Ada rencana undangan dari Pemerintah Kota Istanbul kepada Pak Anies dan saya untuk berkunjung tahun ini, untuk memastikan selain dari pada bisnis yang kita akan kembangkan,” kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Kamis (15/2).

Salah satu agenda besar yang menjadi target Sandiaga adalah kunjungan ke Grand Bazaar Istanbul. Kunjungan ke sana karena penataan Tanah Abang yang dilakukan Pemprov DKI terinspirasi dari tempat tersebut.

1. Melihat konsep penataan Grand Bazaar

Demi Penataan Tanah Abang, Anies-Sandi Bakal Kunjungi Grand Bazaar IstanbulIDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga mengatakan Grand Bazaar Istanbul yang sudah ratusan tahun berdiri, tetap memiliki aspek tradisionalnya meski sudah ditata sedemikian cantik. Ia berharap nantinya Jakarta dapat mencontoh penataan di sana, khususnya transportasi seperti di Istanbul.

“Kita juga punya ribuan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang akan ditata di Grand Bazaar tanpa menghilangkan aspek tradisionalnya. Ini kita harap TOD (transit oriented development) yang akan dibangun di Tanah Abang sebagai tahapan jangka panjang atau final dari tiga tahapan penataan Tanah Abang juga bisa dilakukan bersama,” kata Sandi.

Baca juga: Polda Minta Jalan Jatibaru Tanah Abang Dibuka Kembali, Begini Sikap Pemprov DKI

2. Antara Anies atau Sandiaga yang akan pergi ke Istanbul

Demi Penataan Tanah Abang, Anies-Sandi Bakal Kunjungi Grand Bazaar IstanbulIDN Times/Akhmad Mustaqim

Salah satu yang dipastikan ikut pergi ke Istanbul adalah Dirut Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan. Sementara Sandiaga mengaku belum memutuskan apakah dirinya atau Anies yang akan pergi ke Turki.

“Kami harus pilih nih siapa yang harus berangkat, saya atau Pak Anies. Dua-duanya kepengen ke Istanbul tetapi nanti biar pakai doa aja. Jadi nanti diatur siapa pun yang berangkat, nanti ada delegasi BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) juga yang akan dibawa, karena penataan lalu lintas di Istanbul melibatkan dunia usaha,” kata Sandiaga.

3. Bakal pergi ke Istanbul tahun ini

Demi Penataan Tanah Abang, Anies-Sandi Bakal Kunjungi Grand Bazaar IstanbulIDN Times/Helmi Shemi

Banyaknya agenda di Pemprov DKI Jakarta membuat Sandiaga belum mengetahui kapan dirinya atau Anies pergi ke Istanbul. Ia akan melihat waktu yang tepat antara Pemprov DKI atau pun Pemerintah Kota Istanbul.

“Undangan sudah diberikan tapi kita akan lihat waktunya, karena ada beberapa agenda penting di Ibu Kota. Kita akan sesuaikan dan keleluangan lebih baik. Karena kita ingin ada visit ke prime minister. Jadi kita tunggu waktu yang tepat,” kata Sandiaga.

Baca juga: Tata Kawasan Kumuh, Sandiaga Luncurkan Rumah Hibrida

Topik:

Berita Terkini Lainnya