Ini Agenda 'Seru' yang Disajikan TMII di Momen Pergantian Tahun 

Dari tradisional hingga modern

Jakarta, IDN Times - Momen pergantian tahun di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya Jakarta dirayakan dengan beragam cara agar menimbulkan kesan bagi masyarakat maupun sejumlah wahana wisata.  

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), salah satunya. Wahana wisata budaya ini tak ketinggalan memberikan perhatian dan pelayanan khusus kepada masyarakat yang berkunjung dengan menyuguhkan hiburan di momen pergantian tahun tersebut. 

1. Nitra mapping show

Ini Agenda 'Seru' yang Disajikan TMII di Momen Pergantian Tahun republika.co.id

Nitra Mapping Show adalah sebuah film animasi yang disuguhkan dengan teknologi immersive yang dipantulkan ke tembok, sehingga apa yang dilihat dapat dirasakan oleh penonton atau lebih dikenal dengan video Mapping.

Anjani Putra atau Nitra yang populer dengan nama Hanoman, adalah tokoh utama yang menjadi latar belakang dari cerita video Mapping tersebut. 

Jika dahulu, tokoh Nitra dibawakan melalui cerita perwayangan, kini TMII menyampaikan cerita tersebut melalui Video Mapping agar lebih kekinian.

Nitra Mapping Show sendiri sudah dimulai sejak tanggal 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Pertunjukan ini berlokasi di Istana Anak-anak Indonesia dan ditayangkan 2 kali sehari pada pukul 19.00 dan 21.00 Wib.

Baca juga: Sabu 100 Kg Diamankan Petugas. Tersangka: Mau Digunakan di Tahun Baruan di Jakarta

2. Sajikan hiburan rakyat tradisional 

Ini Agenda 'Seru' yang Disajikan TMII di Momen Pergantian Tahun ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Hiburan rakyat yang bertemakan tradisional seperti pagelaran wayang kulit menjadi salah satu agenda wajib tahunan yang di selenggarakan oleh TMII.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Gunarto Tali Jendro yang bertempat di Panggung Candi Bentar ini, kerjasama antara TMII dengan Yayasan Putro Pandowo. 

Selain pagelaran wayang kulit, TMII juga menyuguhkan pegelaran musik keroncong asli yang bertempat di Panggung Desa Seni, Musik organ tunggal dengan aneka musik dan lagu yang bertempat di Panggung Food Court dan Panggung Dunia Air Tawar. Satu lagi yang tidak kalah seru adalah pertunjukan musik tarling yang berada di Parkir Selatan Panggung Walls.

Baca juga: Tahun Baruan? Ikut Festival di Jakarta Saja

3. Musik dangdut

Ini Agenda 'Seru' yang Disajikan TMII di Momen Pergantian Tahun liputan6.com

Group musik dangdut asal Jawa Timur, Monata memiliki aliran musik koplo akan meramaikan puncak pergantian malam tahun baru ini.

Sebagaimana produk kebudayaan yang hidup dari bawah lainnya, musik koplo terus tumbuh bersama masyarakat. Dan hal ini adalah puncak evolusi dangdut saat ini.

Selain itu, acara pendukung lainnya seperti artis-artis jebolan pencarian bakat dari KDI juga turut meramaikan panggung tersebut. 

Acara ini berada di panggung pusat yaitu di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK) dan dimulai pada pukul 20.00 Wib.

Baca juga: Yuk, Tahun Baruan di Ancol Move on Party and Welcome Hope 2016! 

4. Pesta kembang api

Ini Agenda 'Seru' yang Disajikan TMII di Momen Pergantian Tahun jeremyloverobsessedmoi.tumblr.com

Selain suguhan hiburan tradisional hingga modern, TMII juga menyuguhkan sajian kembang Api sebagai pelengkap perayaan di malam pergantian tahun baru tersebut.

Sebanyak 6.815 tembakan kembang api akan dilontarkan ke langit Jakarta tepat pada pukul 00.00 disaat pergantian tahun tersebut. 

Pesta kembang api tersebut berlokasi di dua tempat yaitu Taman Budaya Tionghoa dan sekitar Danau Indonesia.

Baca juga: 3.500 Personel Keamanan Kawal Pesta Tahun Baruan di Ancol

Topik:

Berita Terkini Lainnya