[VIDEO] Ribuan e-KTP Diduga Ditimbun di Palembang

Wali Kota Palembang akan melaporkannya ke Kemendagri

Kasus pengadaan KTP elektronik atau e-KTP ternyata tak hanya menjadi mega korupsi yang menyita perhatian publik. Praktik pembuatan KTP ini juga menimbulkan masalah di berbagai daerah. Salah satunya terjadi di Palembang, Sumatera Selatan. Ribuan e-KTP elektronik diduga ditimbun oleh Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil setempat.
 
Temuan ini berawal dari inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda pada tanggal 11 Juli 2017 lalu. Saat melakukan sidak, dia menemukan ribuan KTP elektronik yang telah dicetak tapi tak diditribusikan. 

Baca juga: Setya Novanto Tersangka e-KTP
 
Sebelum akhirnya melakukan sidak, dia mengaku mendapatkan banyak laporan dari masyarakat tentang adanya pungutan liar yang terjadi di sana. Selain pungli, masyarakat juga mengeluhkan lamanya proses pembuatan KTP. Bahkan, beberapa warga mengaku harus menunggu setahun untuk mendapatkan KTP. Fitri pun berjanji akan melaporkan kasus ini kepada Kementerian Dalam Negeri. Sebaliknya, Kepala Dinas Dukcapil Kota Palembang, Ali Subri mengatakan bahwa KTP itu ditumpuk karena ada masalah teknis saat pencetakan.

 

Baca juga: 7 Fakta Kenapa Kasus e-KTP Mendapat Predikat Mega Korupsi

Topik:

Berita Terkini Lainnya