La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan

Akankah La Nyalla mencalonkan kembali jadi Ketua Umum PSSI?

Majelis hakim pengadilan tindak pidana korupsi memvonis bebas mantan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, La Nyalla Mahmud Matallitti, Selasa (27/12). Menurut hakim, La Nyalla tidak terbukti melakukan korupsi dana hibah saat menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur. Dikutip dari Republika.co.id, dalam putusan ini terjadi dissenting opinion atau ketidaksetujuan dari dua hakim yang menyidang perkara tersebut. Namun, karena tiga hakim lainnya setuju, maka vonis bebas ini tetap dijatuhkan. Netizen pun bereaksi atas putusan itu. Apalagi Jaksa Penuntut Umum, menuntut La Nyalla enam tahun penjara.

La Nyalla awalnya diduga menggelapkan dana hibah yang diberikan oleh pemerintah provinsi kepada KADIN Jawa Timur pada tahun 2011-2014. Dana sebesar 5,3 milliar rupiah itu digunakan untuk membeli saham Bank Jatim saat bank tersebut melakukan Innitial Public Offering atau penawaran saham perdana ke publik.

Hakim menilai Nyalla tidak terbukti melakukan korupsi.

La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan  Wahyu Putro/ANTARA FOTO

Ketua Majelis Hakim yang memimpin sidang itu, Sumpeno mengatakan bahwa La Nyalla tidak terbukti secara sah dan meyakinkan dalam melakukan tindak pidana korupsi. Dia juga membebaskan Nyalla dari semua dakwaan.

La Nyalla akan dibebaskan dari tahanan.

La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan  Rosa Panggabean/ANTARA FOTO

Selain itu, seperti diberitakan Kompas.com, Sumpeno juga memrintahkan untuk membebaskan Nyalla dari tahanan. Nyalla sendiri sejak akhi Mei 2016 lalu ditahan di rumah tahanan Salemba. Putusan lain dalam vonis yang dibacakan oleh hakim adalah pemulihan hak terdakwa baik dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabat.

Baca juga: La Nyalla Matalitti Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Hibah Kadin Jatim

Nyalla langsung sujud syukur.

La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan  Rosa Panggabean/ANTARA FOTO

Mendengar putusan itu, Nyalla pun langsung melakukan sujud syukur. Sementara itu, puluhan pendukung yang menyaksikan sidang putusan tersebut berteriak histeris sambil bertakbir.

Sakti, La Nyalla sempat menang tiga kali praperadilan.

La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan  Wahyu Putro/ANTARA FOTO

Kasus ini juga menjadi perhatian publik karena La Nyalla sempat memenangkan tiga kali praperadilan yang membuat status tersangkanya gugur. Namun, dia akhirnya menerima setelah Kejakasaan Tinggi Jawa Timur menetapkannya sebagai tersangka untuk keempat kalinya.

Netizen pertanyakan putusan tersebut.

La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan  @FarezMDF

 

La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan  @fuadridwan3

 

La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan  @febri_cenator

 

La Nyalla Divonis Bebas, Netizen Pertanyakan Putusan Pengadilan  @blazuardi

Putusan itu pun langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial. Para pengguna Twitter umumnya menyayangkan vonis tersebut. Bahkan, "La Nyalla Divonis Bebas" menjadi salah satu topik yang paling banyak diperbincangkan.

Apa pendapatmu?

Baca juga: Rekam Jejak Ketua Umum Baru PSSI Edy Rahmayadi di Kancah Sepak Bola

Topik:

Berita Terkini Lainnya