Heboh Video Menteri Ketenagakerjaan Bentak Tenaga Kerja Asal Tiongkok

"Sit down, I told you sit down!!!"

Banyaknya tenaga kerja asal Tiongkok yang tak memiliki izin nampaknya menjadi perhatian serius pemerintah. Beberapa kali inspeksi mendadak atau sidak yang dilakukan otoritas imigrasi di berbagai tempat menemukan adanya pekerja asal negara tirai bambu tersebut tak mengantongi visa kerja. Mereka umumnya hanya memiliki visa kunjungan ke Indonesia.

Tak hanya otoritas imigrasi, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri pun akhirnya turun tangan. Pada Rabu, (28/12) kemarin, dia dan jajarannya melakukan sidak di sebuah perusahaan bernama PT Huaxing yang berlokasi di Jalan Narogong, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hasilnya, dia menemukan 18 orang pekerja berpaspor Tiongkok yang tak mengantongi visa kerja. Bahkan, Hanif sempat marah kepada para pekerja tersebut.

Pekerja tak bisa bahasa Indonesia.

Heboh Video Menteri Ketenagakerjaan Bentak Tenaga Kerja Asal TiongkokRepublika.co.id

Dalam video yang pertama kali diunggah oleh akun Facebook Kementerian Ketenagakerjaan itu, Hanif terlihat melakukan sidak di sebuah ruangan perusahaan. Awalnya, dia bertanya kepada seorang pekerja tentang berapa jumlah orang yang ada di tempat itu. Sang pekerja yang nampaknya tak memahami bahasa Indonesia tidak menjawab. Hanief kemudian menanyakan posisi pria itu di perusahaan yang ia datangi.

Sit down!!!

Setelah itu, Hanif meminta pria itu dan beberapa rekannya untuk duduk. Sang pria pun menuruti perkataan Hanif. Namun, ada satu pria lain yang tampak tak menyadari bahwa yang berbicara padanya adalah seorang menteri. Dia pun masih asyik menelepon. Merasa tak digubris, Hanief pun membentak mereka dan memerintahkan untuk segera duduk. "I told you, sit down!!!" ujar Hanief dengan nada tinggi. Dia pun kemudian menanyakan tentang izin kerja mereka.

Bekerja tidak sesuai keahlian.

Heboh Video Menteri Ketenagakerjaan Bentak Tenaga Kerja Asal TiongkokTony Hartawan/Tempo.co

Dikutip dari Tempo.com Hanif mengatakan, selain tak memiliki izin mereka juga bekerja tidak sesuai dengan bidangnya. Dia mencontohkan, seorang teknisi listrik di perusahaan peleburan baja tersebut malah jadi marketing.

Baca juga: Jokowi: Isu Kedatangan Pekerja Tiongkok Terlalu Dibesar-besarkan

Ancaman deportasi.

Heboh Video Menteri Ketenagakerjaan Bentak Tenaga Kerja Asal TiongkokOkezone.com

Dari 38 pekerja yang disidak, 18 di antaranya tidak memiliki izin kerja. Mereka kemudian dibawa menuju tahanan imigrasi Bogor untuk diperiksa. Jika terbukti melanggar, mereka akan mendapatkan beberapa sanksi, mulai dari pembinaan, denda, hingga dideportasi.

Jokowi sebut ada 21.000 pekerja asal Tiongkok.

Heboh Video Menteri Ketenagakerjaan Bentak Tenaga Kerja Asal TiongkokPuspa Perwita Sari/ANTARA FOTO

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo juga bereaksi tentang adanya pekerja asal Tiongkok. Dia menanggapi adanya 10 juta warga Tiongkok yang bekerja di Indonesia. Menurut Jokowi, jumlah pekerja Tiongkok di Indonesia tidak sebanyak itu, hanya sekitar 21.000 orang.

Baca juga: Jadi Perbincangan, Berapa Sebenarnya Jumlah Pekerja Tiongkok di Indonesia?

Topik:

Berita Terkini Lainnya