Elit Politik Ramai-ramai "Bersilahturahmi" Jelang Demo 4 November, Ada Apa?

Pertemuan gencar dilakukan untuk meredam suhu politik

Rencana unjuk rasa besar pada 4 November 2016 untuk menentang dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Non Aktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menjadi perhatian serius para elit negeri ini. Berbagai safari politik pun mereka lakukan untuk meredam suhu politik yang kian memanas. Wajar jika mereka khawatir, Front Pembela Islam yang menjadi salah satu organisasi penggerak aksi mengklaim bahwa jumlah peserta unjuk rasa mencapai 500 ribu orang. Berikut beberapa pertemuan yang dilakukan oleh para tokoh politik dalam sepekan terakhir.

Jokowi menemui Prabowo

Elit Politik Ramai-ramai Bersilahturahmi Jelang Demo 4 November, Ada Apa?Puspa Perwitasari/ANTARAFOTO

Senin, 31 Oktober 2016 lalu, Presiden Joko Widodo bertandang ke rumah mantan rivalnya, Prabowo Subianto di daerah Hambalang, Bogor. "Kami bicara banyak hal yang makro tentang bangsa dan kebangsaan kita, makro politik kita, beliau banyak sekali memberi masukan dan pemerintah kita sangat menghargai apa yang disampaikan Pak Prabowo," kata Presiden Jokowi,seperti dikutip dari Tempo.co. Mereka membahas berbagai isu nasional. Namun, dia membantah dalam pertemuan itu dibahas tentang rencana demo 4 November 2016. 

Jokowi mengumpulkan Ulama

Elit Politik Ramai-ramai Bersilahturahmi Jelang Demo 4 November, Ada Apa?Widodo S. Jusuf/ANTARA FOTO

Setelah bertemu dengan Prabowo, Selasa 1 November 2016 kemarin, Presiden Joko Widodo juga bertemu dengan ulama dari berbagai organisasi Islam di Istana Negara. Seperti dikutip dari BBC Indonesia, pada kesempatan itu, Jokowi meminta agar para ulama bisa tegas dalam memutuskan soal Islam dan Keindonesiaan.

SBY bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla 

Elit Politik Ramai-ramai Bersilahturahmi Jelang Demo 4 November, Ada Apa?
Fadil/ANTARAFOTO

Seolah tak mau kalah, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga melakukan safari politik. Ketua Umum Partai Demokrat tersebut mengunjungi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, usai pertemuan, SBY tak memberikan komentar apapun kepada media.

Baca Juga: Kekhawatiran Peneliti soal Demo 4 November adalah Terorisme

SBY kunjungi Menko Polhukam, Wiranto

Elit Politik Ramai-ramai Bersilahturahmi Jelang Demo 4 November, Ada Apa?Dimas Jarot/Kompas.com

Selain menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla, SBY juga menyambangi Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto. Namun, Wiranto mengaku bahwa pertemuan itu hanya sebatas silaturahim biasa. 

Prabowo sambangi Presiden PKS Sohibul Iman

Elit Politik Ramai-ramai Bersilahturahmi Jelang Demo 4 November, Ada Apa?Puji Kurniasari/SINDOnews

Usai menjamu Jokowi, Prabowo melakukan kunjungan ke kantor Partai Keadilan Sejahtera. Dia disambut langsung oleh Presiden PKS, Sohibul Iman. Salah satu poin yang dibahas oleh kedua Ketua Umum Partai tersebut adalah mengenai demo 4 November 2016 mendatang. Seperti dikutip dari Liputan6.com, keduanya meminta agar peserta unjuk rasa tetap menjaga sistuasi kondusif di Jakarta.

Rencana demo besar 4 November nanti memang meraih perhatian banyak pihak. Respon elit politik untuk saling berjumpa dianggap wajar mengingat perhelatan politik besar, Pilkada DKI sudah di depan mata. 

Baca Juga: [Opini] Apa yang Konstitusional dari Jihad Konstitusional Habib Rizieq?

Topik:

Berita Terkini Lainnya