Bertemu Rizieq Shihab, Benarkah Anies Didukung FPI?

Sempat ramai di Twitter hashtag #FPIdukungAnies

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan Minggu (1/1) lalu bertemu dengan Imam Besar Front Pembela Islam, Rizieq Shihab. Pertemuan itu pun menyulut perdebatan di media sosial. Bahkan, di jagad Twitter hashtag #FPIdukungAnies sempat menjadi trending topic topik yang paling banyak dibicarakan. Isu itu pun buru-buru dibantah oleh FPI. Melalui akun Twitter resmi FPI, mereka mengatakan hanya ingin menganjurkan untuk memilih calon gubernur muslim yang amanah.

Anies bantah mencari dukungan.

Bertemu Rizieq Shihab, Benarkah Anies Didukung FPI?  Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Dikutip dari Tempo.co, Anies membantah jika pertemuan tersebut dimanfaatkan untuk mencari dukungan dari FPI. Menurut dia, setiap calon Gubernur memang harus berdialog dengan berbagai kelompok. Tak hanya FPI, Anies mengaku juga sudah bertemu dengan berbagai kelompok seperti Katholik dan Kristen.

Berdiskusi tentang rekalamasi.

Bertemu Rizieq Shihab, Benarkah Anies Didukung FPI?  Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Menurut Anies, salah satu isu yang dibahas dalam dialog dengan Rizieq Shihab adalah reklamasi teluk Jakarta. Anies sendiri berkali-kali menyatakan penolakannya tentang rencana itu. Dia beralasan, reklamasi akan membuat penghasilan nelayan Jakarta berkurang drastis.

Baca juga: Beberapa Pengurus PDIP Membelot dan Mendukung Anies-Sandi

Rizieq mengaku sejalan dengan Anies.

Bertemu Rizieq Shihab, Benarkah Anies Didukung FPI?  Rivan Awal/ANTARA FOTO

Sebaliknya, Rizieq mengaku sejalan dengan pemikiran Anies yang menolak adanya reklamasi. Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga Rizieq mengatakan bahwa sosok Anies juga seorang ahlussunnah wal jamaah yang satu pemikiran dengan FPI.

Anies pernah mengecam tindakan FPI.

Bertemu Rizieq Shihab, Benarkah Anies Didukung FPI?  Wahyu Putro/ANTARA FOTO

Namun, pertemuan Anies dan Rizieq disayangkan oleh beberapa pihak. Seperti diberitakan Kompas.com, salah satu orang yang mengkritik pertemuan itu adalah akademisi Universitas Indonesia, Ade Armando. Menurut dia, Anies sejak dulu dikenal sebagai aktivis pro-pluralisme yang mengecam keras tindakan FPI.

Baca juga: Pendukung Membelot, NasDem Tuding Anies-Sandi Menyesatkan!

Topik:

Berita Terkini Lainnya