Beberapa Pengurus PDIP Membelot dan Mendukung Anies-Sandi

Secara simbolis mereka mencopot seragam partai

Beberapa pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tingkat cabang di Jakarta memutuskan untuk menarik dukungannya terhadap pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat. Mereka mengalihkan dukungannya kepada pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Salah satu pengurus PDIP yang cabang Kebon Jeruk, M Ranto beralasan melakukan hal tersebut karena kecewa terhadap kepengurusan PDIP yang dinilai tidak demokratis.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Ranto mengaku sudah menghabiskan puluhan juta untuk membesarkan PDIP namun belakangan aspirasinya tak didengar oleh para petinggi partai. Dia juga memprotes adanya pemecatan terhadap beberapa kader PDIP secara sepihak.

Kecewa PDIP dukung Ahok.

Beberapa Pengurus PDIP Membelot dan Mendukung Anies-SandiMuhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Pengurus lain yang melakukan penarikan dukungan adalah Matsuni, Ketua Pimpinan Anak Cabang Cengkareng. Dia mengaku kecewa terhadap keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri yang memilih untuk mengusung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Copot seragam.

Beberapa Pengurus PDIP Membelot dan Mendukung Anies-SandiKompas.com

Secara simbolis, beberapa pengurus PDIP tersebut melepas seragam partai mereka dan menggantinya dengan kaus relawan Anies-Sandi.

Baca juga: Didemo Puluhan Ribu Orang, Ahok Tak Mundur dari Pilkada

Loyalis Boy Sadikin.

Beberapa Pengurus PDIP Membelot dan Mendukung Anies-SandiTempo.co

Ranto dan kawan-kawan diketahui sebagai loyalis mantan politikus PDIP Boy Sadikin yang kini mendeklarasikan diri sebagai "Kawan Juang Boy" (KJB). Mereka juga mengaku kecewa karena menilai Boy disia-siakan oleh PDIP.

Boy mundur lebih dahulu.

Beberapa Pengurus PDIP Membelot dan Mendukung Anies-SandiTempo.co

Boy merupakan politikus yang sempat menjadi bakal calon Gubernur DKI dari PDIP. Namun, seperti diberitakan Tempo.co, Boy kemudian mengundurkan diri dari PDIP setelah partai tersebut menyatakan dukungannya terhadap Ahok. Boy sendiri merupakan anak dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Baca juga: Usai Demo 4 November, Elektabilitas Ahok Turun 7 persen

Topik:

Berita Terkini Lainnya