Cuitannya Bikin Khawatir Warganet, Ini Kondisi Terakhir Dahlan Iskan

Sehat-sehat ya pak

Surabaya, IDN Times - Menteri BUMN Kabinet Indonesia Bersatu II era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Dahlan Iskan sempat membuat warganet khawatir. Pasalnya, setelah beberapa waktu tidak tersiar kabarnya, ia mengunggah sebuah cuitan di Twitter tentang kondisi terbarunya, Senin (5/2).

Dalam cuitannya, Dahlan mengaku sedang dalam kondisi kurang sehat. Sontak para warganet memberikan berbagai respons. Mulai pertanyaan, semangat, hingga doa bagi pria usia 66 tahun ini.

1. Derita Aorta Disserion, Dahlan katakan dirinya sekarang manusia setengah bionic

Cuitannya Bikin Khawatir Warganet, Ini Kondisi Terakhir Dahlan IskanTweet @iskan_dahlan

"Kalau ada yang bertanya Dahlan ke mana beberapa bulan ini? Saya dirawat di salah satu rumah sakit, karena menderita Aorta Dissertion yang mengancam ke kematian dan sekarang saya menjadi manusia setengah bionic," cuitnya.

Mengutip dari laman Singaporehelth.com Aorta Dissertion merupakan semacam penyempitan atau, lebih sering, pelebaran arteri abnormal. Tetapi penyakit paling berbahaya yang mempengaruhi aorta adalah pembedahan aorta, yang secara potensial membahayakan jiwa.

Kondisi ini disebabkan oleh gangguan dinding aorta, yang memungkinkan darah mengalir antara lapisan dinding pembuluh darah. Asal cabang utama dari aorta di tempat terganggu tersebut mungkin terpengaruh, sehingga mencurigakan aliran darah ke organ utama tersebut. Kematian, serangan jantung atau stroke mungkin terjadi bila arteri ke jantung atau otak terpengaruh.

Baca juga: Rencana Vonis Hari Ini, Dahlan Iskan Pasrah Apapun Keputusan Hakim

2. Kondisi Dahlan sudah berangsur membaik

Cuitannya Bikin Khawatir Warganet, Ini Kondisi Terakhir Dahlan IskanTweet @iskan_dahlan

Tak ingin membuat sedih para warganet, setelah ngetweet menderita Aorta Dissertion, Dahlan mulai merespons warganet. Seperti halnya @egyrafli bertanya, "Pak Dahlan semoga lancar pengobatannya. Bolehkan saya jenguk pak". Dahlan pun membalas bahwa ia sudah berada di Indonesia dan mempersilahkan jika ingin menjenguk dirinya. Ternyata, jawaban dari Dahlan Iskan ini justru warganet semakin penasaran, berarti selama ini Dahlan dirawat di luar Indonesia dan kondisi sekarang belum diketahui.

Salah satu sahabat yang juga sempat menulis salah satu tentang sosoknya memang membenarkan bahwa Dahlan memang sempat sakit dan harus dilarikan ke Singapura untuk mendapatkan perawatan intensif.

Namun saat ini, wanita yang tak mau disebutkan namanya itu memastikan Dahlan Iskan sudah sehat. Bahkan, besok pada Hari Pers Nasional di Padang, Dahlan diagendakan untuk datang.

"Ya ceritanya waktu umroh itu dapat 2 hari jatuh sakit, terus dibawa ke Jakarta ternyata perlu dirujuk ke Singapura. Sekarang Pak Dahlan sudah di Sakura Regency (rumah tinggalnya di Surabaya). Besok dijadwalkan kok berangkat ke Padang menghadiri HPN, sudah mulai sehat lagi," terangnya kepada IDN Times.

3. Dahlan pernah melakukan ganti hati di Tiongkok

Cuitannya Bikin Khawatir Warganet, Ini Kondisi Terakhir Dahlan IskanANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Menderita sakit parah bukanlah hal pertama bagi sosok Dahlan Iskan. Pria yang juga kolektor mobil listrik Tesla ini pernah melakukan transpalasi liver alias ganti hati di Tiongkok pada Agustus 2007 silam.

Dilansir dari situs pribadinya, dahlaniskan.wordpress.com Dahlan Iskan menceritakan proses pengobatan ganti hati selama satu tahun. 

Pasca pengobatan tersebut, Dahlan dipastikan mulai sehat dan aktif. Bahkan saat menjabat menteri, ia sering menyematkan untuk sekadar olahraga. Salah satu yang menjadi favorit yakni Senam Dahlan Iskan. Tak sampai di situ, ia pun sering mengisi waktunya untuk olah raga pasca menjalani ganti hati yang sukses. 

Baca juga: Perkara Penjualan Aset Masih Disidang, Dahlan Kembali Jadi Tersangka Kasus Lain

Topik:

Berita Terkini Lainnya