Kampanye Damai Diundur, Ini Konsep yang Diusung KPU Jatim

Dipusatkan di Taman Bungkul Surabaya

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim memutuskan untuk mengundur kampanye damai Pilgub 2018. Pengunduran jadwal dilakukan setelah mendapat intruksi dari KPU pusat yang meminta seluruh kampanye damai dilaksanakan pada 18 Februari 2018.

Kepala Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, KPUD Jatim, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan pengunduran ini pun sudah disampaikan oleh tim kampanye. Gogot mengungkapkan pihak KPU Jatim sebelumnya sudah matang untuk menggelar kampanye damai pada 15 Februari 2018. "Ya maunya KPU RI serentak, kami sudah gelar rakor bersama tim kampanye. Baru ada intruksi dari KPU RI, kami langsung pemberitahuan secara informal ke tim kampanye lagi," ujarnya kepada IDN Times, Selasa (6/2).

1. Kampanye damai dipusatkan di Taman Bungkul Surabaya

Kampanye Damai Diundur, Ini Konsep yang Diusung KPU JatimIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Gogot mengatakan, kampanye damai Pilgub Jatim 2018 dipusatkan di Taman Bungkul Surabaya. Pemilihan ini bukan tanpa alasan. Selain karena kondisinya yang cukup tertata, pemilihan juga didasarkan pada pertimbangan bahwa taman tersebut banyak dikunjungi oleh khalayak umum.

"KPU juga menginginkan dilaksanakan pada hari Minggu agar masyarakat bisa mengakses kampanye damai ini. Kami akan konsep sekreatif mungkin dan memakai jasa EO (Event Organizer) untuk acara ini," ungkapnya.

Baca juga: KPU Jatim Kukuhkan 12 Parpol Lolos Verifikasi

2. Tiap Paslon maksimal membawa massa 250 orang

Kampanye Damai Diundur, Ini Konsep yang Diusung KPU JatimIDN Times/Sukma Shakti

Dalam kampanye damai ini, KPU Jatim tidak ingin para paslon peserta Pilgub Jatim membawa massa yang banyak. Menurut Gogot, lebih baik menonjolkan kekreatifan dari pada massa.

Bahkan, Gogot mengaskan masing-masing paslon tidak diperkanankan untuk berkonvoi semenjak berangkat dari posko pemenangan. KPU Jatim pun nantinya akan menggandeng Polda Jatim untuk melakukan pengawalan dan penekanan massa agar tidak membludak.

"Konsepnya ini kreatif, maksimal paslon membawa peserta 250 massa, kami akan sediakan ID Card, dipersilakan membawa komunitas atau kelompok seni. Semua seni, bisa kontemporer musik atau seni tari. Nanti 10 diberi waktu durasinya 10 menit pertunjukan, 5 menit peneguhan komitmen, ikrar kampanye dan penandatanganan," jelas Gogot di ruang kerjanya.

3. Ada pelepasan burung merpati sebagai seremonial kampanye damai

Kampanye Damai Diundur, Ini Konsep yang Diusung KPU JatimIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Gogot menambahkan, kampanye damai di Taman Bungkul akan dimulai pukul 09.00 - 11.00 WIB. Dalam seremonialnya akan dilakukan pelepasan burung merpati oleh Ketua KPU Jatim, dan masing-masing paslon. "Harapannya komitmen masing-masing paslon bisa dipegang tidak ada negatif kampanye, berkampanye sesuai visi misi dan program, jangan ada sara, hoax maupun fitnah," pungkasnya.

Baca juga: Soal Kampanye, KPU Minta Peserta Pilkada Tak Nyolong Start

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya