Jelang May Day, Soekarwo Ajak Buruh dan Pengusaha Jaga Kekompakan.

Soekarwo menjamin tuntutan buruh akan terfasilitasi.

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengajak para pekerja, buruh dan pengusaha untuk menjaga kondusifitas jelang Hari Buruh, besok (1/5). Ajakan ini, menurut Pakde, sapaan akrab Soekarwo agar hubungan industrial di Jatim tetap harmonis. Kekompakan hubungan tersebut merupakan cara terbaik didalam menumbuhkan kepercayaan kepada industri, iklim usaha dan investasi.

1. Gubernur jamin akan fasilitasi keluhan buruh

Jelang May Day, Soekarwo Ajak Buruh dan Pengusaha Jaga Kekompakan. IDN Times/ Ardiansyah Fajar

Pakde Karwo mengatakan, Pemprov Jatim akan memfasilitasi keinginan atau keluhan dari buruh kepada pengusaha dan pemerintah pusat yang ingin kesejahteraan atau pendapatan buruh meningkat. Ia juga menyatakan, pemprov terus menyiapkan ruang untuk berdialog, dalam merumuskan kebijakan. "Prinsipnya, kokompakan tersebut harus terus dijaga agar iklim usaha dan investasi di Jatim terus terjaga," terangnya.

2. Gubernur juga janjikan kesejahteraan buruh di Jatim

Jelang May Day, Soekarwo Ajak Buruh dan Pengusaha Jaga Kekompakan. IDN Times/ Ardiansyah Fajar

Gubernur dua periode ini juga berjanji akan memperjuangkan kesejahteraan buruh sesuai dengan kewenangannya. Kalaupun keluhan buruh tertuju pada pemerintah pusat, Pemprov Jatim juga siap untuk menjembatani. "Kami akan bekerja memperjuangan nasib buruh sesuai dengan kewenangan kami."

Baca juga: May Day: 30 Ribu Buruh Siap Geruduk Istana Negara

3. Pakde Karwo optimistis peringatan Hari Buruh di Jatim berlangsung damai

Jelang May Day, Soekarwo Ajak Buruh dan Pengusaha Jaga Kekompakan. Dok. Humas Pemprov Jatim

Lebih lanjut, Pakde Karwo yakin peringatan Hari Buruh, Selasa (1/5) akan berlangsung secara lancar, aman, dan damai. Pemprov Jatim akan berdialog merumuskan bersama kebijakan yang ingin diperjuangkan. "Saya yakin May Day besok akan berjalan lancar aman dan damai, karena bermacam kegiatan seperti istighosah, pertunjukan teaterikal dipertontonkan," ujarnya. Dia juga mengimbau agar para buruh membuat tim untuk merumuskan dan mendiskusikan kebijakan yang ingin diperjuangkan. Hal itu bertujuan agar tuntutan mereka lebih mudah difasilitasi.

Baca juga: May Day: Ini 3 Tuntutan Buruh Saat Aksi Besok

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya