[INFOGRAFIS] Indonesia Dikepung Banjir

Hati-hati di jalan, musim hujan banyak kenangan, eh genangan

Surabaya, IDN Times - Banjir sepertinya menjadi langganan tiap musim penghujan tiba di Indonesia. Namun, satu bulan terakhir, banjir tak hanya menyapu harta benda tapi juga merenggut korban jiwa. Bahkan nyawa melayang mencapai belasan jiwa.

1. Setidaknya ada 9 banjir besar dalam 10 hari terakhir

[INFOGRAFIS] Indonesia Dikepung BanjirTeatrika Putri/IDN Times

Berdasarkan catatan IDN Times, dalam 10 hari terakhir ada 9 banjir besar yang merendam berbagai wilayah di Indonesia. Di Lampung Tengah misalnya, sebanyak 987 jiwa terpaksa harus mengungsi. Di hari yang sama (21/2), banjir juga melanda Kabupaten Pasuruan. Akibatnya, jalur pantura menjadi lumpuh karena banjir yang menggenang di kawasan ini setinggi satu meter.

2. Banjir sebabkan nyawa melayang

[INFOGRAFIS] Indonesia Dikepung BanjirIDN Times/Sukma Shakti

Lebih lanjut, banjir pada Kamis (22/2) terjadi di tiga lokasi yang merenggut 6 nyawa sekaligus. Tiga korban jiwa meninggal dunia karena peristiwa banjir di Cirebon, sementara tiga korban lainnya akibat hal yang sama tetapi di Jombang, Jawa Timur. Sementara di Bandung, sebanyak tiga kecamatan harus terendam air.

3. Dua kabupaten di bantaran bengawan solo jadi langganan banjir

[INFOGRAFIS] Indonesia Dikepung BanjirIDN Times/Sukma Shakti

Tak cukup sampai di situ, banjir lagi-lagi membuat tiga nyawa melayang. Di Brebes, Jawa Tengah pada Jumat (23/2) melanda yang merugikan kerugian materil dan korban jiwa. Selang dua hari, tepatnya Minggu (25/2) dua banjir menerjang kawasan pantura yang dilewati Bengawan Solo. Yakni di Lamongan dan Tuban, akibatnya enam kecamatan di Lamongan terendam namun tak ada korban jiwa. 

[INFOGRAFIS] Indonesia Dikepung BanjirIDN Times/Sukma Shakti

Baca juga: Korban Banjir Cirebon Kesulitan Makanan, Kemensos Dirikan Dapur Umum

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya