Sambut Gerhana Bulan, Planetarium Jakarta Siapkan 16 Teleskop

Lima ribu orang telah mendaftar di Planetarium Jakarta

Jakarta, IDN Times - Menyambut gerhana bulan yang akan terjadi pada Rabu malam (31/1), Planetarium Jakarta telah menyiapkan sejumlah fasilitas, mulai dari teleskop hingga astronom yang akan menjelaskan seluk beluk gerhana bulan.

1. Planetarium Jakarta siapkan 37 astronom dan 16 teleskop

Sambut Gerhana Bulan, Planetarium Jakarta Siapkan 16 TeleskopIDN Times/Akhmad Mustaqim

Kepala Satuan Pelaksana Teknis Pertunjukan dan Publikasi Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Eko Wahyu Wibowo, menjelaskan pihaknya akan menyiapkan 16 Alat dan 37 astronom.

"Untuk saat ini tenaga sudah kami siapkan 37 astronom ada juga 16 alat untuk pengamatan dan dokumentasi. Ada tempat relay jika terjadi hujan," kata Eko saat ditemui di Planetarium Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (30/1).

Baca juga: Apa yang Sebenarnya Para Hewan Lakukan Selama Gerhana?

2. Ada 6 teleskop pinjaman dari komunitas

Sambut Gerhana Bulan, Planetarium Jakarta Siapkan 16 TeleskopIDN Times/Akhmad Mustaqim

Planetarium meminjam alat dari komunitas untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak. Alat tersebut nantinya akan digunakan oleh masyarakat sekitar untuk melihat lebih detil fenomena gerhana bulan. "Dari komunitas 6 teleskop, dari planetarium 10, jadi totalnya 16 teleskop" ujar Eko.

3. Lebih dari 5.000 orang terdaftar hingga sore ini

Sambut Gerhana Bulan, Planetarium Jakarta Siapkan 16 TeleskopIDN Times/Akhmad Mustaqim

Bagi masyarakat sekitar Jakarta yang penasaran menggunakan teleskop, planetarium membuka sistem pendaftaran online. Sampai sore ini tercatat lebih dari 5.329 pendaftar yang berniat melihat gerhana bulan di Planetarium

"Sampai pukul 15 sore sudah 5.329 pendaftar online 700 anak-anak. Nanti kita bagi yang sudah mendaftar akan dilakukan registrasi ulang pukul 17.00 WIB," ujarnya. 

Baca juga: Ini Lho Pesan Menteri Agama saat Gerhana Bulan



Topik:

Berita Terkini Lainnya