Panglima TNI Anugrahi Kapolri 3 Bintang Penghargaan, Ini Alasannya

Panglima TNI juga dapat penghargaan loh

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marskal Hadi Tjahjanto menganugerahi Kapolri Jenderal Tito Karnavian tanda kehormatan. Tak tanggung-tanggung, Panglima TNI memberikan tiga penghargaan pada Kapolri. 

1. Panglima TNI sematkan tiga penghargaan kepada Kapolri

Panglima TNI Anugrahi Kapolri 3 Bintang Penghargaan, Ini AlasannyaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Tiga penghargaan itu adalah Bintang Kartika Eka Paksi Utama dari TNI Angkatan Darat (TNI AD), Bintang Jalasena Utama dari TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Bintang Swabhuana Utama Paksa dari TNI Angkatan Udara (TNI AU). 

Hadi menyebutkan pemberian bintang kehormatan ini adalah bentuk penghargaan kepada Kapolri dan Institusi Kepolisian karena telah membantu tugas TNI.

"Tujuannya adalah TNI memberikan penghargaan atas kerja samanya, sehingga TNI mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan baik," kata Hadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/3). 

2. Salah satu prestasi Kapolri adalah saat menangkap kapal berisi satu ton sabu di Batam

Panglima TNI Anugrahi Kapolri 3 Bintang Penghargaan, Ini AlasannyaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Hadi menyebutkan salah satu bentuk kerja sama antara TNI dan Polri, adalah saat menangkap satu kapal yang menyelundupkan satu ton sabu. Kapal tersebut ditangkap di Selat Philips, Perairan Batam. Penangkapan itu dimulai dari patroli TNI AL yang menggunakan KRI Sigurot-864. 

"Itu pun dibuktikan ketika baru-baru ini kita menangkap satu kapal dengan membawa satu ton 29 kilo, di Selat Philips, berkat kerja sama antara TNI dan Polri, sehingga TNI mampu untuk melakukan tugas pokoknya dengan baik," ujar Hadi. 

Baca juga: Kapolri Beberkan Kebohongan di Balik Viralnya Kasus Penyerangan Ulama

3. Panglima TNI turut menerima bintang kehormatan dari KASAD dan KASAL

Panglima TNI Anugrahi Kapolri 3 Bintang Penghargaan, Ini AlasannyaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Selain itu, Panglima TNI pun turut menerima bintang kehormatan Bintang Jalasena Utama dan Bintang Kartika Eka Paksi yang diberikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Andi Supandi dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono.

"Hari ini juga saya dapat tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama dan Bintang Jalasena Utama yang diberikan KASAD dan KASAL," ungkap Hadi.

4. Tito merasa bangga dapat borongan penghargaan dari TNI

Panglima TNI Anugrahi Kapolri 3 Bintang Penghargaan, Ini AlasannyaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Sementara, Kapolri merasa bangga dengan pemberian Bintang Kehormatan yang diterimanya. Menurut dia, ini sebagai simbol hubungan baik antara institusi TNI dan Polri.

"Saya dapatkan kehormatan dirapel tiga bintang sekaligus, ini kebahagiaan luar biasa pribadi dan Polri ini bentuk penghargaan intitusi TNI, dan tentutnya dari matra darat, laut, dan udara ke Polri, sekaligus simbolis tentang kerja sama dan koordinasi selama ini yang relatif baik," kata Tito pada kesempatan yang sama

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat tinggi TNI dan Polri, di antaranya KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana Ade Supandi, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, dan Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto.

Baca juga: Ini Curhatan Sang Istri Setelah Tito Karnavian Tidak Lagi Menjabat Kapolri

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya