[KATA MILLENNIALS] Tradisi Ramadan Masa Kecil, Apa yang Paling Kamu Rindukan?

Zaman kecil dulu, Ramadan sepertinya lebih seru ya!

Jakarta, IDN Times -  Bulan Ramadan tidak hanya dilalui umat muslim dengan menjalankan ibadah puasa, namun juga menjadi momen bagi kebersaman keluarga dan teman-teman. Karena itu banyak tradisi yang muncul saat Ramadan. 

Lalu apa saja tradisi Ramadan yang biasa kamu lakukan di masa kecil yang masih kamu ingat atau bahkan kamu rindukan?

1.  Tarawih di masjid terjauh sambil bermain petasan

[KATA MILLENNIALS] Tradisi Ramadan Masa Kecil, Apa yang Paling Kamu Rindukan?IDN Times/Istimewa

Agustin (27 tahun) mengatakan saat kecil dirinya suka salat tarawih di masjid yang letaknya jauh dari rumah. Hal ini dilakukannya agar bisa bermain lebih lama dengan teman-temannya sembari melihat anak lain bermain petasan.

“Yang berkesan itu sih seperti salat yang jauh masjidnya, karena memang untuk bareng dengan teman-teman dan main petasan. Tapi sekarang salat tarawih cari yang dekat aja tempatnya dan kalau lihat ada yangmain petasan malah kurang suka,” ucap Agustin kepada IDN Times.

Baca juga: Selama Bulan Ramadan, 6 Jenis Tempat Hiburan Ini Harus Tutup

2. Pulang tarawih jajan es krim

[KATA MILLENNIALS] Tradisi Ramadan Masa Kecil, Apa yang Paling Kamu Rindukan?IDN Times/Istimewa

Menjalankan ibadah puasa bagi anak-anak memang bukan perkara mudah. Banyak godaan yang harus dihadapi agar puasa hari itu bisa dijalankan dengan baik. Bagi Elvi (25 tahun), melewati waktu usai melakukan salat tarawih dengan makan es krim menjadi kenangan masa kecilnya yang dirindukan.

“Pulang tarawih suka makan es krim sama mama dan papa. Itu sih yang paling berkesan, karena siangnya kan sudah puasa, panas, jadi sebagai reward juga,” ujarnya.

3. Pawai obor hingga makan tutut

[KATA MILLENNIALS] Tradisi Ramadan Masa Kecil, Apa yang Paling Kamu Rindukan?IDN Times/Istimewa

Berbeda halnya dengan Nisa (25 tahun) yang saat kecil banyak menghabiskan waktu di kampung halamannya di Purwokerto. Saat bulan Ramadan tiba, biasanya terdapat pawai obor yang dibawa anak-anak. Menurut wanita berjilbab ini, Ramadan di masa kecilnya jauh lebih banyak kegiatan ketimbang saat ini.

“Iya lebih seru zaman dulu sih, sekarang garing. Dulu waktu di kampung juga ada signature disk gitu, makannya tutut atau keong sawah,” ucapnya.

4. Buat kue bersama keluarga

[KATA MILLENNIALS] Tradisi Ramadan Masa Kecil, Apa yang Paling Kamu Rindukan?IDN Times/Istimewa

Cerita Ramadan di masa kecil juga dikisahkan oleh Siska (31 tahun). Perempuan asal Bandung ini kerap menjadikan momen Ramadan untuk membuat kue bersama-sama. Kegiatan itupun hingga kini masih terus dilakukan.

“Kalau sekarang karena sudah tinggal pisah sama orang tua jadi selalu meluangkan waktu satu hari, misalnya H-3 untuk kumpul dan buat kue sama-sama. Membuat kuenya memang gak banyak, tapi momen kebersamaan itu sebenarnya yang jadi penting,” katanya.

Baca juga: Selama Bulan Ramadan, Masyarakat Indonesia Gunakan Internet Untuk Ini

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya