Selama Bulan Ramadan, Masyarakat Indonesia Gunakan Internet Untuk Ini

Mereka Habiskan Waktu Untuk Berbuka Puasa

Jakarta, IDN Times - Bulan Ramadan adalah momen terbaik untuk meraih pahala sebanyak mungkin. Untuk itu aktivitas beribadah pun digenjot, termasuk  di dunia maya. Apa aja sih yang dilakukan masyarakat Indonesia di dunia maya selama Ramadan?

1. Nonton video religi di Youtube

Selama Bulan Ramadan, Masyarakat Indonesia Gunakan Internet Untuk IniIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Baru-baru ini Google Indonesia merilis kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh Masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet selama bulan Ramadan. Penggunaan internet bahkan naik begitu signifikan menjelang dua pekan sebelum Ramadan tiba.

“Penggunaan internet untuk nonton online video dan shopping naik 2 minggu sebelum Ramadan, naiknya lebih tinggi 50 persen diluar bulan Ramadan. Nonton video online seperti nonton Ramadan konten di YouTube. Minggu ke-3 spot paling tinggi,” ujar Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho beberapa waktu lalu di Kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Baca juga: Google Indonesia: Masyarakat Terbantu dengan Teknologi Saat Bulan Ramadan

2. Tutorial memasak dan berdandan

Selama Bulan Ramadan, Masyarakat Indonesia Gunakan Internet Untuk IniIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Selain menonton video yang berisikan konten-konten religi, mereka yang rata-rata millenials juga menggunakan YouTube untuk mencari tutorial berdandan dan memasak.

“Bukan cuma video religius konten tapi juga Beauty Make up untuk bukber atau lebaran. Konten memasak video makanan untuk cuci mata atau belajar masak untuk berbuka (puasa),” lanjut Yudistira.

3. Cari promosi di media belanja online

Selama Bulan Ramadan, Masyarakat Indonesia Gunakan Internet Untuk Inicnbc.com

Selain menghabiskan waktu luang untuk kebutuhan hiburan, masyarakat Indonesia juga biasanya memanfaatkan bulan Ramadan untuk mencari promosi barang-barang di beberapa media belanja online yang jumlahnya meningkat sangat signifikan yaitu 40 persen dibanding hari biasanya.

“Pencarian promosi naik satu minggu sebelum Ramadan, minggu pertama Ramadan dan tiga minggu setelah Ramadan. Promo yang orang cari retail dan grosir, alasannya karena banyak kebutuhan sepeti takjil jelang buka puasa, beli baju untuk keluarga dan saat lebaran, travel untuk mudik, gadget dan lain-lain,” terang Yudistira.

Masyarakat Indonesia biasanya menggunakan internet untuk kebutuhan tersebut selama Ramadan biasanya berkisar antara 1 hingga 1,5 jam per hari sejak sebelum Sahur hingga setelah berbuka puasa.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Brebes Tewaskan 12 Orang, Ini Jawaban Kemenhub

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya