9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustus

Ada juga yang merdeka 17 Agustus, lho

Agustus merupakan bulan yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Ya, karena di bulan ini, negara tercinta kita lahir. Tepatnya, bangsa kita telah merdeka dari penjajahan bangsa lain. Sebagai generasi penerus, kita harus lebih giat lagi untuk semakin memajukan bangsa Indonesia agar cita-cita pahlawan terdahulu tercapai. 

Ternyata, bulan Agustus juga bersejarah bagi negara lain. Sebab, beberapa negara lain juga ada lho yang merayakan kemerdekaannya di bulan Agustus ini. Penasaran? Simak yuk?

1. Jamaika

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustustheinertia.com

Negara ini memperingati hari kemerdekaan setiap tanggal 6 Agustus. Selain dikenal sebagai tempat lahirnya musik reggae, Jamaika juga selalu melahirkan pelari cepat dunia. Dalam beberapa edisi kejuaraan Olimpiade, negara ini sering memenangkan medali emas dari nomor lari. Dan nama yang paling tenar tentu adalah Usain Bolt yang merupakan manusia tercepat dunia saat ini.

 

2. India

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustusindiafacts.org

Tanggal 15 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan India. Karena jumlah penduduknya yang mencapai 1 miliar jiwa, negara ini menempati peringkat ke 2 untuk urusan jumlah penduduk. Negara ini juga dikenal dengan salah satu industri film terbesar dunia yaitu Bollywood yang menghasilkan bintang terkenal seperti Shah Rukh Khan.

3. Pakistan

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustuspakru.ru

Karena letak negara Pakistan yang berbatasan langsung dengan India. Kedua negara ini pernah dijajah oleh bangsa Inggris. Hari kemerdekaan Pakistan hanya selisih satu hari dengan India yaitu tanggal 14 Agustus 1947. Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa hari kemerdekaan Pakistan sama dengan India yaitu tanggal 15 Agustus 1947. Pernyataan ini didasarkan pada asumsi bahwa letak kedua negara itu masih satu wilayah.

4. Gabon

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustusen.starafrica.com

Negara asal pesepakbola terkenal Pierre-Emerick Aubameyang ini wilayahnya terletak di Afrika bagian barat. Meskipun jumlah penduduknya tidak terlalu banyak, negara ini memiliki kekayaan mineral cukup melimpah. Sama dengan Indonesia, masyarakat di negara Gabon memperingati hari kemerdekaannya dari Prancis setiap tanggal 17 Agustus.

5. Malaysia

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustusworldofbuzz.com

Negara yang serumpun dengan Indonesia ini juga memperingati kemerdekaannya di bulan Agustus, tepatnya pada tanggal 31 Agustus 1957. Malaysia merupakan negara bekas jajahan Inggris yang merdeka. Negara ini merupakan salah satu penghasil timah dan karet terbesar di dunia sebagai penopang ekonomi negara.

 

6. Bolivia

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustusirishmirror.ie

Negara bekas jajahan Spanyol ini berpenduduk sekitar 11 juta orang. Bolivia memperingati hari kemerdekaannya setiap tanggal 6 Agustus. Di antara negara-negara di Amerika Selatan, Bolivia memiliki letak daratan paling tinggi sekaligus terpencil. Selain itu, Bolivia juga dikenal sebagai salah satu penghasil timah terbesar di dunia.

7. Pantai Gading

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustusscmp.com

Dikenal sebagai negara asal pesepakbola terkenal seperti Yaya Toure dan Didier Drogba. Negara ini memperingati hari kemerdekaannya dari penjajahan Prancis setiap tanggal 7 Agustus. Dikenal sebagai salah satu negara termakmur di Afrika Barat, Pantai Gading juga terkenal sebagai negara penghasil dan pengekspor cokelat terbesar di dunia.   

 

8. Singapura

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustuslacasamorett.com

Tiga negara yang saling berbatasan Indonesia, Malaysia, dan Singapura merayakan hari kemerdekaannya di bulan Agustus. Singapura yang merupakan salah satu negara maju di Asia merayakan kemerdekaan pada tanggal 9 Agustus. Pada saat tanggal 9 Agustus 1965 Singapura telah resmi merdeka setelah terpisah dari Malaysia.  

9. Korea

9 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Pada Bulan Agustusnews.softpedia.com

Selain India, tanggal 15 Agustus juga hari bersejarah bagi masyarakat Korea (Saat Korea Utara dan Korea Selatan belum terpisah). Sama dengan Indonesia, Korea juga pernah dijajah bangsa Jepang .Ya, pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Hal tersebut berdampak pada negara jajahan Jepang yaitu Korea yang saat itu mendapat kemerdekaannya. Di sisi lain, bangsa Indonesia juga sedang mempersiapkan proklamasi kemerdekaannya.

Yanuar Ramadhan Photo Verified Writer Yanuar Ramadhan

Try to be a Good Man

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya