Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Pemuda Palestina yang Ditembak Israel

Korban keempat di awal tahun 2018

Qalqiliya, IDN Times - Kondisi di Palestina kembali memanas. Ini setelah tentara Israel kembali melakukan kekerasan yang mengakibatkan seorang pemuda Palestina harus menemui ajalnya.

Peristiwa tersebut terjadi pada hari Senin (15/01) di wilayah Qalqiliya, Tepi Barat, Palestina. Seorang pemuda berusia 28 tahun bernama Ahmad Abd al-Jaber Muhammad Salim tewas setelah mendapatkan berondongan peluru dari jarak kurang dari 20 meter.  Ribuan orang Palestina pun menghadiri prosesi pemakaman Abd al-Jaber.

Ahmad Abd al-Jaber Muhammad Salim sendiri sempat ditahan di penjara Israel selama tiga tahun sebelum akhirnya dibebaskan pada tahun 2016. Selepas keluar dari tahanan, Ahmad Abd al-Jaber Muhammad Salim memutuskan kuliah di al-Quds Open University di kotanya, Qalqiliya. Selama kuliah dia juga menjadi sekretaris Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina (DFLP).

 

 

1. Israel sempat halangi upaya penyelamatannya

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Pemuda Palestina yang Ditembak Israeljpost.com

Selain itu, tentara Israel juga mencegah ambulan Palestina mencapai dirinya dengan melepaskan tambakan gas air mata kepada ambulans dan paramedis. Dilansir dari News Front, Ahmad Abd al-Jaber dinyatakan meninggal 3 menit setelah akhirnya dilarikan ke rumah sakit 

2. Dibalas dengan lemparan batu oleh pemuda palestina

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Pemuda Palestina yang Ditembak Israeljpost.com

Tidak lama setelah meninggalnya Ahmad Abd al-Jaber, tentara Israel menutup jalan utama di Qalqiliya untuk mencegah kemarahan massa. Di lain pihak, para pemuda Palestina lainnya melemparkan batu kepada kendaraan tentara dan para pemukim Israel di jalan yang melintasi kota terdekat Azzun.

3. Organisasi Palestina mengutuk serangan tersebut

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Pemuda Palestina yang Ditembak Israeljpost.com

Faksi-faksi nasional Palestina, termasuk DFLP, di Qalqiliya menyampaikan belasungkawa mereka kepada keluarga Salim. "Ini adalah kejahatan lain yang menambah daftar kejahatan yang dilakukan oleh Israel."

4. Menjadi korban keempat di awal tahun

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Pemuda Palestina yang Ditembak Israeljpost.com

Ahmad Abd al-Jaber menjadi korban keempat keganasan tentara Israel sejak awal tahun. Sebelumnya, dua pemuda berusia 16 tahun juga meregang nyawa pada 12 Januari lalu. Seorang bernama Amir Abd al-Hamid Abu Musaed di tembak di dada, sementara Ali Omar Kino diberitakan ditembak di kepalanya oleh sniper Israel. Selain itu seminggu sebelumnya tentara Israel juga menembak Musaab al-Tamimi yang juga berusia 16 tahun.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya