Olimpiade PyeongChang 2018 Sukses, Beberapa Orang Hadapi Kasus Hukum

Termasuk mantan presiden dan petinggi Samsung

Seoul, IDN Time - Samsung telah membantah terlibat dalam lobby hitam guna menjadikan Korea Selatan sebagai tuan rumah penyelenggara Olimpiade musim dingin 2018.

Stasiun televisi SBS Minggu lalu, melaporkan bahwa Samsung mencoba menggunakan seorang pelobi bernama Papa Massata Diack, anak dari Lamine Diack - yang merupakan mantan ketua International Association of Athletics Federations yang dipecat, dan sedang menghadapi tuntutan hukum atas tuduhan korupsi serta pencucian uang.

1. Samsung membantah dengan mengatakan sudah sering terlibat sebagai sponsor resmi event olah raga

Olimpiade PyeongChang 2018 Sukses, Beberapa Orang Hadapi Kasus Hukumtwitter/@USSportsAcademy

Stasiun televisi yang bermarkas di Seoul ini menyatakan Papa Massata Diack meminta Samsung untuk menjadi sponsor sirkuit Liga Berlian IAAF bernilai $9,5 juta, agar berkesempatan melobi anggota IOC untuk mendukung penawaran PyeongChang.

Dilansir dari South China Morning Post, spekulasi ini didasarkan tukar menukar email antara Samsung dan Papa Diack yang berhasil mereka dapatkan.

2. Mantan Presiden Lee Myung-bak berikan ampunan khusus kepada chaiman Samsung agar ikut tim lobby

Olimpiade PyeongChang 2018 Sukses, Beberapa Orang Hadapi Kasus Hukumtwitter/@pyeongchang2018

Menanggapi laporan ini, Samsung menyatakan bahwa laporan SBS itu tidak akurat, dengan menegaskan bahwa perusahaan tersebut selama ini telah menjadi sponsor resmi dari banyak organisasi olah raga internasional, termasuk IAAF.

Jika ditelusuri, Chairman Samsung Lee Kun-hee diberikan ampunan spesial kepresidenan oleh mantan Presiden Korea Selatan, Lee Myung-bak pada akhir tahun 2009. 

Ampunan ini diberikan agar Lee Kun-hee bisa bergabung dengan tim kampanye Korea Selatan guna memenangkan penawaran Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade, di mana mereka pernah gagal sebanyak dua kali, demikian dilansir dari Washington Post.

3. Kejaksaan Korea Selatan bulan lalu mendakwa mantan presiden terima suap saat berikan ampunan kepada Chairman Samsung

Olimpiade PyeongChang 2018 Sukses, Beberapa Orang Hadapi Kasus Hukumtwitter/@StarSportsHub

Usaha ini akhirnya berhasil, dan Korea Selatan ditunjuk untuk menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang yang berlangsung bulan Februari lalu. 

Awal bulan ini, kejaksaan Korea Selatan telah mendakwa Lee Myung-bak dengan tuduhan menerima suap dari Samsung dan lainnya. Para jaksa menyebutkan bahwa Samsung mendapatkan keuntungan atas ampunan tersebut dengan imbalan suap tersebut.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) tidak secara langsung menanggapi tuduhan ini, dengan menyatakan bahwa lembaga tersebut sudah membuka lembaran baru mengenai prosedur penunjukkan tuan rumah Olimpiade.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya