Kim Jong-Un Datang, Speaker Propanganda Raksasa 'Diistirahatkan'

Hadiri KTT Inter-Korea hari Jumat ini

Seoul, IDN TIMES - Menyambut diselenggarakannya Konferensi Tingkat Tinggi antara dua pemimpin Korea yang akan dilangsungkan hari Jumat ini, militer Korea Selatan telah mematikan pelantang raksasa di perbatasan mereka.

Selama ini loudspeaker raksasa ini dipergunakan untuk menyampaikan propaganda ke negara tetangganya ini, yang berisi campuran berita, musik pop Korea Selatan dan kritik kepada rezim Korea Utara dengan tujuan mendesak agar tentara dari Korea Utara mau membelot ke Selatan.

1. Korea Utara turunkan volume loudspeaker mereka jelang Olimpiade PyeongChang 2018

Kim Jong-Un Datang, Speaker Propanganda Raksasa 'Diistirahatkan'South China Morning Post

Dilansir dari Reuters, Korea Utara juga memiliki loudspeaker raksasa serupa dengan tujuan yang sama, namun tidak ada kabar apakah tindakan mematikan speaker tersebut diikuti oleh rezim Kim Jong-Un.

Bulan Februari lalu, seiring dengan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, Korea Utara dikabarkan sudah menurunkan volume pelantang mereka.

Dan seiring membaiknya hubungan kedua negara yang dimulai oleh pidato Diktator Korea Utara di penghujung tahun yang ditindaklanjuti dengan pengiriman delegasi dan kontingen di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, diplomasi mulai dikedepankan.

2. KTT Inter Korea akan dilaksanakan hari Jumat di Panmunjon sisi Korea Selatan

Kim Jong-Un Datang, Speaker Propanganda Raksasa 'Diistirahatkan'twitter/@itvnews

Perkembangan terakhir adalah pernyataan Kim Jong-un yang akan meninggalkan ambisi nuklir negaranya dan menghentikan percobaan misil antar benua akhir minggu lalu.

Hari Jumat ini akan diselenggarakan KTT antara kedua negara di semenanjung Korea ini yang akan diselenggarakan di desa perdamaian Panmunjon yang berada di sisi Korea Selatan.

"Kami menghentikan siaran loudspeaker raksasa per hari ini untuk meredakan ketegangan militer dan menciptakan iklim damai... menyambut KTT Inter-Korea 2018," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Korea sebagaimana dilansir dari South China Morning Post.

3. Kim Jong-un dijadwalkan bertemu Donald Trump akhir bulan Mei atau awal Juni 2018

Kim Jong-Un Datang, Speaker Propanganda Raksasa 'Diistirahatkan'twitter/@realDonaldTrump

Setelah penyelenggaraan KTT antar Korea hari Jumat ini, pemimpin Korea Utara juga diharapkan akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di akhir bulan Mei atau awal bulan Juni 2018 nanti.

Catatan Reuters menunjukkan bahwa langkah mematikan pelantang raksasa ini merupakan yang pertama sejak dua tahun lalu. Korea Selatan sempat melakukan langkah serupa pertengahan tahun 2015 namun kemudian mengaktifkannya kembali bulan Januari 2016 menyusul tes nuklir Korea Utara keempat. Pyongyang tercatat telah melakukan tes nuklir sejak saat itu.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya