FA Akhirnya Mendakwa Pep Guardiola Atas Pita Kuning yang Dikenakannya

Ada yang tahu gak arti tanda itu?

Otoritas tertinggi sepak bola Inggris, FA akhir secara resmi mendakwa Pelatih Manchester City, Pep Guardiola atas tindakannya mengenakan pita kuning saat mendampingi klubnya berlaga di pinggir lapangan.

Langkah Pep Guardiola mengenakan pita kuning di bajunya ini merupakan sebuah simbol perlawanan atas kericuhan politik yang terjadi di tanah kelahirannya, Catalunya. 

Setelah referendum pemisahan diri yang dianggap tidak sah oleh Pemerintah Pusat Spanyol bulan Oktober lalu, ada dua orang pemimpin gerakan separatis ini ditahan oleh otoritas pemerintahan setempat. Yaitu Jordi Sanchez dan Jordi Cuixart, demikian dilansir dari The Telegraph.

1. Pep Guardiola sudah diperingatkan dua kali

FA Akhirnya Mendakwa Pep Guardiola Atas Pita Kuning yang DikenakannyaTelegraph UK

Diam-diam rupanya FA sudah berbicara dengan sang pelatih di pertengahan bulan Desember tahun lalu, dan telah memberikan dua kali peringatan kepada Pep Guardiola. Namun sejauh ini diabaikannya.

Atas sikapnya tersebut, FA mendakwa Pep Guardiola dengan pasal melanggar regulasi mengenai iklan dan busana yang telah ditetapkan oleh FA. Dalam regulasi tersebut disebutkan bahwa pengenaan simbol politik pita kuning tersebut telah melanggar regulasi tersebut.

Pep Guardiola diberikan kesempatan untuk menanggapi dakwaan ini selambat-lambatnya hari Senin tanggal 5 Maret 2018 jam 18.00 GMT.

2. Pesawat yang ditumpanginya sempat diperiksa polisi dua kali

FA Akhirnya Mendakwa Pep Guardiola Atas Pita Kuning yang DikenakannyaSky Sports

Dalam perkembangannya, sebelum FA resmi mendakwa dirinya, dalam konferensi pers jelang laga melawan Arsenal hari Jumat lalu, Pep mengonfirmasi bahwa pihak Kepolisian Spanyol sempat dua kali memeriksa pesawat pribadi yang ditumpanginya, bersama keluarga saat mendarat dan hendak kembali bertolak dari Barcelona. 

Tujuannya adalah mencari pemimpin kemerdekaan Catalunya, Carles Puigdemont yang kini diperkirakan berada di Brussel. Namun baginya ini merupakan hal yang wajar karena mereka hanya melaksanakan tugas mereka.

Dukungan Pep Guardiola kepada gerakan kemerdekaan Catalunya tidaklah mengherankan. Karena dia terlahir di sana dan menghabiskan waktu hampir 20 tahun baik sebagai pemain maupun pelatih Barcelona.

3. Rekam jejak Pep Guardiola dalam mendukung gerakan kemerdekaan Catalunya

FA Akhirnya Mendakwa Pep Guardiola Atas Pita Kuning yang DikenakannyaSky Sports

The Telegraph mencatat bahwa sang pelatih sudah aktif terlibat dalam perpolitikan di wilayahnya dengan menjadi kandidat politik bagi koalisi pro-kemerdekaan Junts Pel Si tahun 2014.

Bulan Juni tahun lalu dia juga bergabung dengan ribuan orang yang melakukan protes di Barcelona, dan mendesak agar warga yang memiliki hak pilih untuk ambil bagian dalam referendum yang akan diselenggarakan bulan Oktober 2017.

Nama Pep Guardiola bahkan sempat masuk dalam daftar yang diserahkan oleh Pihak Kepolisian Spanyol kepada hakim MA Spanyol yang menyelidiki kejahatan, bagi mereka yang ingin memisahkan diri. Sejauh pihak pengadilan belum menindaklanjuti laporan ini.

Atas dakwaan ini seandainya sang pelatih menerimanya, hukuman yang diberikan bisa berupa denda. Namun sanksi yang lebih berat akan diberikan jika sang pelatih menolak dakwaan tersebut dan melanjutkan aksinya, seperti yang pernah disampaikannya.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya