Commonwealth Bank Akui Memanipulasi Rekening Anak-anak

Secara finansial tidak merugikan, tapi tetap saja praktik itu akan dihapuskan

Sidney, IDN Times - Commonwealth Bank telah mengonfirmasi bahwa ribuan rekening anak-anak secara curang dimanipulasi oleh staf cabang ritel, sebagai bagian dari penipuan untuk mendapat bonus dan memenuhi target.
Diwartakan oleh ABC, kepala eksekutif resmi CBA, Matt Comyn mengeluarkan pernyataan sebagai tanggapan atas laporan Media Fairfax tentang manipulasi dan meminta maaf atas apa yang disebutnya "pelanggaran kepercayaan".

1. Staf menggunakan uang mereka untuk mengaktifkan rekening nasabah

Commonwealth Bank Akui Memanipulasi Rekening Anak-anaktenplay.com.au

Dikutip dari The Guardian, staf menggunakan recehan uang mereka sendiri, atau uang bank untuk mengaktifkan akun Youthsaver buatan nasabah yang tidak aktif, kemudian gagal melakukan setoran. Dengan "mengaktifkan" akun, staf dapat menghitungnya untuk penjualan atau target bonus.

2. Praktik itu tidak merugikan secara finansial, tapi itu adalah pelanggaran kepercayaan

Commonwealth Bank Akui Memanipulasi Rekening Anak-anakscmp.com

Commonwealth bank merilis pernyataan yang mengkonfirmasi bahwa sudah dilakukan tindakan untuk menghilangkan praktek seperti itu sejak tahun 2013.

Matt Comyn mengatakan bahwa praktek itu tidak merugikan nasabah secara finansial, tapi dia mengakui itu adalah pelanggaran kepercayaan.

Jumlah uang yang terlibat dalam penipuan itu relatif kecil. Staf biasanya hanya menggunakan sekitar 10 sen untuk mengaktifkan akun. Menurut bank, bonus yang mereka terima berjumlah sekitar 2 dolar per tahun.

3. Matt Comyn selaku kepala eksekutif CBA meminta maaf

Commonwealth Bank Akui Memanipulasi Rekening Anak-anakthenewdaily.com.au

Matt Comyn meminta maaf sebesar-besarnya kepada nasabah atas terjadinya praktik ini. Sebagai kepala eksekutif CBA, dia mengatakan jika prioritas utamanya adalah mempercepat perubahan.

Sehingga menghindarkan perilaku apapun yang dapat mengurangi kepercayaan nasabah, dengan menghapus karyawan CBA yang dengan sengaja melakukan hal yang salah.

Youthsaver CBA membantu mendirikan rekening bank bagi anak muda dan didesain untuk membuat kebiasaan menabung di waktu muda. Semua rekening dibuka menurut sepengetahuan orangtua dan akun tidak memiliki setoran atau biaya bulanan.

Matt Comyn juga mengaku pihak bank tidak mengetahui bahwa praktek seperti itu telah terjadi lagi selama 5 tahun belakangan ini. Dia juga mengatakan bahwa tidak akan ada toleransi jika hal seperti itu terjadi lagi, tidak peduli apakah tindakan itu merugikan nasabah atau tidak.

Maya Photo Verified Writer Maya

A teen aspiring writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya