Gabungan Militer Brasil Gelar Operasi Anti Narkotika di Rio de Janeiro

Perang melawan narkotika masih panjang rupanya

Rio de Janeiro - Brasil menggelar operasi anti-narkotika secara besar-besaran di bagian barat kota Rio de Jenairo. Operasi besar-besaran anti narkotika ini melibatkan aparat gabungan antara Militer Brasil dan juga Pihak Kepolisian Rio de Janeiro pada Jumat (23/2/2018) waktu setempat, menurut keterangan yang disampaikan oleh Juru Bicara Militer, Kolonel Roberto Itamar, seperti dikutip dari laman berita Xinhua.

1. Sekitar 3 ribu unsur gabungan militer dan kepolisian dilibatkan

Gabungan Militer Brasil Gelar Operasi Anti Narkotika di Rio de Janeirovoanews.com

Operasi anti narkotika ini merupakan  operasi besar di Brasil. Sebanyak 3 ribu unsur gabungan dari militer dan polisi terlibat dalam operasi yang dilakukan pada pagi hari waktu setempat tersebut.

Operasi anti narkotika ini digelar di lokasi kumuh (Favela) Vila Alianca, Coreia dan Vile Kennedy. Personel keamanan menutup semua akses ke favela tersebut, yang disertai dengan dukungan helikopter dan juga kendaraan lapis baja.

2. Operasi militer ini bukan kali pertama terjadi di Rio de Janeiro

Gabungan Militer Brasil Gelar Operasi Anti Narkotika di Rio de Janeirothewire.in

Operasi gabungan angkatan bersenjata Brasil ini bukanlah kali pertama terjadi di Rio de Janeiro. Sejak pekan lalu, angkatan bersenjata Brasil telah mencarkan tiga kali operasi militer di Rio de Janeiro.

Operasi militer ini meningkat semenjak seorang sersan militer dan seorang komandan polisi militer tewas pekan ini di Vila Kennedy yang menjadi tempat kumuh dengan jumlah baku tembak cukup tinggi.

3. Operasi gabungan ini merupakan upaya mengambil alih keamanan masyarakat di kota Rio de Janeiro

Gabungan Militer Brasil Gelar Operasi Anti Narkotika di Rio de Janeiroboston.com

Menurut penjelasan dari Roberto Itamar, operasi gabungan ini telah direncakanan sebelum adanya campur tangan federal yang ditandatangani oleh Presiden Brasil, Michel Temer.

Operasi gabungan ini bertujuan untuk mengambil alih keamanan masyarakat dari ancaman baku tembak dan juga penyelundupan narkotika.

Jenderal Walter Braga Neto ditunjuk oleh Presiden Temer untuk mengawasi polisi dan pasukan militer yang ada di Rio dengan tujuan untuk mengurangi gelombang kejahatan di Rio de Janeiro.

Beberapa lokasi permukiman kumuh di Brasil memiliki tingkat kejahatan narkotika yang cukup tinggi. Vila Keneedy adalah salah satu permukiman kumuh di Rio de Janeiro dengan jumlah baku tembak paling tinggi. Selama bulan Januari tahun ini, lokasi itu telah menjadi saksi terhadap 13 kali bentrokan antara polisi dan penyelundup narkoba.

Secara keseluruhan, angka kejahatan di Rio de Janeiro cukup tinggi. Sepanjang tahun lalu, kota itu telah menyaksikan lebih dari 5 ribu kali baku tembak dan kurang lebih sekitar 7 ribu pembunuhan.

Subagiyo Photo Verified Writer Subagiyo

Biarkan saja seperti ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya