Enam Orang Tewas Akibat Ledakan Pabrik Kimia Di Ceko

Duh kira-kira penyebabnya apa ya?

Sebuah peristiwa nahas melanda pabrik penyulingan kimia yang ada di Ceko. Dikutip dari laman berita ABC News, sebuah pabrik penyulingan kimia di Ceko bernama Unipetrol meledak pada Kamis (22/32018) yang lalu.

Unipetrol adalah pabrik Pengolah Minyak dan Produsen Plastik yang berbasis di Ceko. Ledakan yang terjadi di salah satu fasilitas pabrik ini mengakibatkan sejumlah orang tewas dan juga melukai beberapa orang lainnya.

1. Insiden Ledakan Terjadi Pada Tanki Bahan Bakar di Kota Kralupy Nad Vltavou

Enam Orang Tewas Akibat Ledakan Pabrik Kimia Di Cekort.com

Menurut penjelasan dari Pavel Kaidl selaku juru bicara dari pihak Unipetrol, mengonfirmasi bahwa ledakan itu terjadi di Kota Kralupy nad Vltavou yang terletak kurang lebih sekitar 31 kilometer dari Ibu Kota Praha.

Juru Bicara tersebut mengatakan bahwa ledakan itu terjadi di dalam salah satu tanki penyimpanan untuk bahan bakar di salah satu kilang mereka yang terletak di kota tersebut. 

"Saya dapat memberikan sebuah konfirmasi bahwa telah terjadi sebuah ledakan di salah satu fasilitas pabrik kami di Kralupy nad Vltavou.... Pertemuan darurat untuk penanganan krisis sedang berlangsung," kata juru bicara Pavel Kaidl seperti dilansir dari laman berita Reuters.

2. Enam Orang Tewas dan Dua Orang Lainnya Menderita Luka-Luka

Enam Orang Tewas Akibat Ledakan Pabrik Kimia Di Cekothesun.co.uk

Menurut penjelasan dari petugas pemadam kebakaran setempat seperti dilansir dari laman Washington Post menyatakan bahwa enam orang dinyatakan tewas akibat insiden ledakan di pabrik tersebut. Selain itu, dua korban yang mengalami luka-luka juga telah dilarikan ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan dan penanganan medis secara tepat.

Menurut penjelasan dari Marketa Konova selaku Juru Bicara Pihak kepolisian setempat, masyarakat tidak perlu khawatir karena tidak ada material atau zat-zat berbahaya yang bocor dari tanki penyimpanan tempat terjadinya ledakan. Penjelasan ini juga diperkuat oleh pernyataan Petr Svoboda yang merupakan juru bicara pemadam kebakaran setempat yang mengungkapkan bahwa tidak terdapat bahaya kemungkinan ledakan lanjutan pada lokasi tersebut.

Atas insiden ledakan ini, Perdana Menteri Andrej Babis menyampaikan bela sungkawa yang mendalam kepada kerabat yang ditinggalkan oleh korban insiden itu.

3. Belum Ada Penjelasan Resmi Terkait Penyebab Insiden Ledakan yang Memakan Korban Itu

Enam Orang Tewas Akibat Ledakan Pabrik Kimia Di Cekothesun.co.uk

Belum ada informasi resmi lebih lanjut mengenai penyebab insiden ledakan yang memakan korban jiwa ini. Menurut penjelasan dari Walikota Kralupi, Lukas Hodik mengatakan bahwa ledakan itu kemungkinan terjadi ketika para pekerja tengah membersihkan tanki penyimpanan bahan bakar yang kosong.

Dikutip dari laman Reuters, Pabrik Unipetrol tengah menyiapkan kilang-kilang untuk pemeliharaan dan juga peningkatan kapasitas. Menurut rencana, pemeliharaan dan peningkatan kapasitas itu akan berjalan sepanjang 27 Maret hingga 9 Mei mendatang.

"Kami tengah berupaya melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab terjadinya insiden ledakan ini," kata juru bicara kepolisian setempat, Marketa Johnova seperti dikutip dari AFP.

Ledakan ini ternyata bukan kali pertama yang terjadi di Pabrik ini. Pada tahun 2015 yang lalu, sebuah ledakan dan juga kebakaran terjadi du fasilitas pabrik Unipetrol yang ada di Litvinov. Ledakan ini mengakibatkan dua orang juga mengalami luka-luka.


Sumber :
https://www.reuters.com/article/us-unipetrol-blast/six-dead-after-blast-at-czech-refinery-idUSKBN1GY17T
https://www.afp.com/en/news/826/least-six-dead-czech-chemical-plant-blast-doc-12z4de1
https://www.washingtonpost.com/world/europe/6-dead-in-chemical-factory-explosion-in-czech-republic/2018/03/22/55aecbb8-2dba-11e8-8dc9-3b51e028b845_story.html
http://www.xinhuanet.com/english/2018-03/22/c_137057829.htm
http://www.dailymail.co.uk/news/article-5531231/Six-people-killed-Czech-Republic-chemical-factory-explosion.html
http://abcnews.go.com/International/wireStory/dead-chemical-factory-explosion-czech-republic-53927894

Subagiyo Photo Verified Writer Subagiyo

Biarkan saja seperti ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya