Badai Tropis Eliakim Sebabkan 17 Tewas di Madagaskar

Semoga lekas pulih dari bencana

Bencana alam badai tropis Eliakim mengguncang wilayah Madagaskar pada akhir pekan lalu. Menurut penjelasan dari pejabat setempat yang dikutip dari laman berita Reuters, badai yang menerpa bagian wilayah timur Madagaskar itu terjadi sepanjang akhir pekan lalu dan telah mengakibatkan berbagai kerugian materiil.

Badai Tropis Eliakim Menghantam Wilayah Kepulauan Mananara

Badai Tropis Eliakim Sebabkan 17 Tewas di Madagaskarphys.org

Badai tropis Eliakim ini menghantam wilayah kepulauan Mananara yang berada kurang lebih sekitar 635 kilometer dibagian timur laut Antananarivo. 

Dikutip dari laman Africa News, bencana nahas ini terjadi pada Sabtu (17/3/2018) waktu setempat dengan kecepatan angin yang mencapai 85 kilometer perjam dan juga embusan angin 120 kilometer perjam.

Badai tropis Eliakim ini terjadi pertama kali pada Jumat (16/3/2018) waktu setempat. Badai pertama tersebut mengakibatkan hujan lebat yang terjadi di Semenanjung Masoala dan memicu terjadinya tanah longsor dibagian pantai timur wilayah pulau itu.

17 Orang Tewas Dan Ribuan Lainnya Mengungsi

Badai Tropis Eliakim Sebabkan 17 Tewas di Madagaskarafricatimes.com

Siklus badai tropis Eliakim ini telah menyebabkan kerugian material dan juga non-material.

Dikutip dari laman weather.com dijelaskan bahwa Badan Nasional untuk Penanganan dan Risiko Bencana mengumumkan pada Minggu lalu bahwa setidaknya 17 orang telah dinyatakan tewas akibat serangan badai tropis yang melanda bagian wilayah Timur Madagaskar itu. 

Selain itu, tak kurang dari 600 rumah diterjang banjir dan sekitar 250 rumah lainnya mengalami kerusakan akibat hempasan badai tropis itu. Serangan badai tropis Eliakim ini memaksa lebih dari 6.000 orang untuk mengungsi.

Badai Tropis Eliakim Memicu Terjadinya Banjir dan Tanah Longsor di Beberapa Wilayah

Badai Tropis Eliakim Sebabkan 17 Tewas di Madagaskarscienceglobalnews.com

Badai tropis Eliakim yang melanda Madagaskar ini membawa angin kencang dan hujan lebat yang mengakibatkan berbagai kerugian. 

Badai ini mengakibatkan terjadinya tanah longsor di Semenanjung Masoala dibagian timur laut Madagaskar dan membentang ke selatan di sepanjang pantai wilayah itu.

Guna memetakan dampak kerusakan secara utuh dan akurat, para Pejabat PBB mengatakan berencana ingin melakukan pemantauan via udara dibagian wilayah terdampak badai Eliakim itu.

Ini bukan Badai pertama yang menghantam Madagaskar di tahun ini. Pada bulan Januari yang lalu, wilayah Madagaskar ini juga telah diterpa oleh Badai Tropis Ava yang mengakibatkan 51 orang tewas akibat bencana tersebut.

Sumber:
https://af.reuters.com/article/topNews/idAFKBN1GV0OD-OZATP
http://www.africanews.com/2018/03/19/tropical-storm-eliakim-kills-17-in-madagascar-authorities/
https://weather.com/news/news/2018-03-18-madagascar-tropical-cyclone-eliakim-impacts
https://www.aljazeera.com/news/2018/03/madagascar-hit-tropical-cyclone-180318075529074.html
http://www.news.com.au/world/breaking-news/madagascar-tropical-storm-killed-17/news story/251cbbd09d44216166ffb472c29dc395

Subagiyo Photo Verified Writer Subagiyo

Biarkan saja seperti ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya