Beginilah Perbedaan Kehidupan di Korea Selatan dan Korea Utara

Sudah 72 tahun, mereka punya perbedaan kehidupan yang beda jauh

Semenanjung Korea pernah menjadi satu negara, namun sebuah konflik mengakibatkan perpecahan negara tersebut dan menciptakan dua negara yang terbagi oleh ideologi para penguasa mereka. Kini 72 tahun telah berlalu, bagaimana bedanya Korea Utara dan Selatan? Dilansir dari Bored Panda, salah seorang penulisnya Jacob Laukaitis membagikan cerita perjalanannya tahun lalu ke Korea Utara dan ia mengabadikan kehidupan di sana. Dan begini perbedaan kehidupan di Korea Utara dan Korea Selatan.

Uni Soviet dan AS Membagi Korea

Beginilah Perbedaan Kehidupan di Korea Selatan dan Korea Utaraboredpanda.com

Sedikit sejarah bagaimana perpecahan itu terjadi, dilansir dari dw.com, pada hari-hari terakhir Perang Dunia Kedua, ketika Jepang akan menyerah pada kekuatan Sekutu, pertanyaan tentang apa yang akan terjadi di Korea menjadi perhatian Uni Soviet dan AS. Setelah puluhan tahun menduduki semenanjung Korea, Jepang telah mundur. Amerika Serikat dan Uni Soviet sepakat untuk membagi Korea pada bulan Agustus 1945, dengan AS mengambil bagian selatan dan Uni Soviet mengambil bagian utara.
 

Konflik Mulai Terjadi

Beginilah Perbedaan Kehidupan di Korea Selatan dan Korea Utaraboredpanda.com

Rencananya adalah untuk menstabilkan negara tersebut sebelum dipegang penuh oleh orang-orang Korea itu sendiri, dan pada tahun 1948 beberapa upaya dilakukan untuk membuat negara tersebut menyatu kembali. Tapi ketidakpercayaan yang ditimbulkan oleh beberapa ideologi yang berlawanan telah tumbuh semakin dalam. Hal itulah yang mengabitkan pecahnya Semenanjung Korea.

Perbatasan Bersenjata Paling Banyak di Dunia

Beginilah Perbedaan Kehidupan di Korea Selatan dan Korea Utaraboredpanda.com

Belum ada perdamaian resmi antara Korea Utara dan Selatan, meski Perang Korea berakhir lebih dari 70 tahun yang lalu. Warga tetap dipisahkan oleh "zona demiliterisasi" (DMZ), salah satu perbatasan bersenjata paling banyak di dunia. Sekitar 600.000 tentara Korea Selatan dan 28.500 tentara AS menjaga perbatasan dan kurang lebih sekitar 770.000 tentara Korea Utara yang ditempatkan dalam 80 kilometer dari DMZ.

Ryan Mitra Prayoga Photo Verified Writer Ryan Mitra Prayoga

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya