Kumpulan Serangan Mobil, Terorisme Gaya Baru di Eropa

Sudah enam kali dalam setahun ini

Eropa kembali diguncang teror mobil van pada Kamis petang (17/8) lalu. Kini, giliran kota Barcelona, Spanyol yang menjadi menjadi sasaran teror. Setidaknya ada dua serangan di kota ini, serangan pertama di kawasan wisata Las Ramblas. Delapan jam kemudian, giliran kawasan Cambrils di sebelah tenggara kota yang menjadi sasaran. 4 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam serangan ini.

Kumpulan Serangan Mobil, Terorisme Gaya Baru di Eropahindustantimes.com

Serangan teror ini bermoduskan sebuah van yang menerjang kerumunan pejalan kaki yang sedang menghabiskan sore di tempat wisata tersebut. Namun ternyata, serangan mobil van bukanlah yang pertama di Eropa, setidaknya telah terjadi 6 serangan sejak awal tahun ini. Berikut rangkumannya. 

1. Paris, 9 Agustus 2017.

Kumpulan Serangan Mobil, Terorisme Gaya Baru di Eropabbc.com

Di awal Agustus lalu, sebuah mobil BMW menabrak rombongan tentara yang sedang berpatroli di kawasan Levallois-Perret, Paris. Dikutip dari bbc.co.uk, 6 orang tentara dilaporkan terluka dalam serangan ini. 

2. Paris, 19 Juni 2017.

Kumpulan Serangan Mobil, Terorisme Gaya Baru di Eropabbc.com

Sebuah sedan Renault menabrak mobil van polisi yang sedang bertugas, lalu mengeluarkan asap kuning. Pelaku kemudian sempat keluar dari mobil dan mengacungkan senjata sebelum ditembak oleh petugas. Diduga pelaku ingin meledakkan mobil tersebut di tempat keramaian, hal ini mengacu pada bahan peledak dan senapan Kalashnikov yang ditemukan di kendaraan tersebut.  

3. Finsbury Park London, 19 Juni 2017.

Kumpulan Serangan Mobil, Terorisme Gaya Baru di Eropaindependent.co.uk

Di hari yang sama dengan teror Perancis, di London, seorang warga negara Inggris, Darren Osborne menabrakkan kendaraannya ke sekumpulan umat Muslim yang sedang melakukan salat tarawih di masjid setempat. Saksi mengatakan bahwa Osborne mengecam tindak penyerangan London Bridge beberapa minggu sebelumnya. 

Baca juga: Meski Banyak Teror, London Tetap Jadi

4. London Bridge, 3 Juni 2017.

Kumpulan Serangan Mobil, Terorisme Gaya Baru di Eropanypost.com

Sebuah van putih menerjang sekumpulan orang di Borough Market, dekat London Bridge. Delapan orang tewas dan 48 orang lainnya luka-luka. Ketiga pelaku yang diduga terafiliasi dengan Islamic State of Iraq and Sham (ISIS) mengenakan jaket bom palsu kemudian ditembak mati di tempat oleh pihak berwajib. 

5. Stockholm, 7 April 2017.

Kumpulan Serangan Mobil, Terorisme Gaya Baru di Eropaindependent.co.uk

Sebuah truk yang dibajak menabrak kawasan pusat perbelanjaan padat pengunjung di Drottninggatan, Stockholm. 5 orang tewas dan 14 lainnya luka-luka dalam kejadian ini. Namun pelaku berhasil melarikan diri di antara kerumunan orang-orang untuk menghindari polisi.

6. Westminster London, 22 Maret.

Kumpulan Serangan Mobil, Terorisme Gaya Baru di Eropaindependent.co.uk

Kurang dari sebulan sebelumnya, serangan teror terjadi di London. Serangan tersebut terjadi di jembatan Westminster yang menghubungkan Sungai Thames bagian Barat dan Timur, tak jauh dari Gedung Parlemen Inggris. Warga negara Inggris, Khalid Masood menerjang pejalan kaki dengan kendaraannya. Tak hanya itu, Masood juga menusuk seorang petugas polisi sebelum akhirnya ditembak mati oleh petugas lainnya. 50 orang terluka dalam serangan ini.

 

Baca juga: 7 Fakta Mengenai Salman Abedi, Pelaku Bom Manchester

Topik:

Berita Terkini Lainnya