Sampaikan Pidato 3,5 Jam, Xi Jinping Bikin Mantan Presiden Ini Menguap

Bosan dan mengantuk

Pidato kenegaraan kepala negara adalah suatu momen yang harus diperhatikan dengan seksama. Apalagi jika pidato tersebut dilakukan dalam kegiatan resmi.

Seperti yang terjadi di Tiongkok baru-baru ini, Presiden Xi Jinping berpidato dalam Kongres Partai Komunis Tiongkok yang ke-29 pada Rabu (18/10) lalu. Tak tanggung-tanggung, Jinping berpidato hingga 3,5 jam lamanya. 

Sampaikan Pidato 3,5 Jam, Xi Jinping Bikin Mantan Presiden Ini Menguaptheguardian.com

Pidato selama itu tentu membuat bosan bagi sebagian orang yang mendengarnya akan merasa bosan. Kebosanan yang sama juga dirasakan oleh mantan Presiden Tiongkok, Jiang Zemin. Berikut 6 ekspresi kebosanan yang berhasil dirangkum.

Zemin tak kuat menahan kantuk.

Sampaikan Pidato 3,5 Jam, Xi Jinping Bikin Mantan Presiden Ini Menguapscmp.com

Dalam pidatonya Jinping menjelaskan tentang rencana kebijakan Tiongkok jangka panjang yang disebutnya dengan "Era Baru". Alih-alih menjelaskan hal spesifik, Xi justru banyak membual dengan jargon-jargon. Jinping banyak berpidato tentang transformasi negaranya menuju sosialis modern terbesar di abad ke-21.

Pidato super panjang itu ternyata membuat sebagian peserta kongres yang hadir menjadi mengantuk. Salah satunya adalah mantan Presiden Tiongkok, Jiang Zemin. Beberapa kali Jiang tertangkap kamera sedang menguap, melihat jam tangan, hingga mencoba mengusir kebosanan dengan membaca buku.

Baca juga: Sudah Tahu 5 Fakta Unik Panda Lucu dari China Ini?

Tak hanya Zemin yang mengantuk.

Sampaikan Pidato 3,5 Jam, Xi Jinping Bikin Mantan Presiden Ini Menguaptheguardian.com

Tak hanya Zemin yang merasa bosan hingga terkantuk. Beberapa peserta kongres, termasuk para jenderal yang hadir juga merasakan hal yang sama seperti dikutip dari The Guardian. Mereka harus berjuang menahan rasa kantuknya demi bisa mendengar pidato sang pemimpin. 

Pidato yang ditayangkan secara langsung ke seluruh negeri itu juga harus disaksikan oleh murid-murid di sekolah, di pusat perbelanjaan, di jalan-jalan, bahkan hingga ke setiap rumah di Tiongkok. Tentu saja hampir 1,2 milliar orang merasa bosan hingga mengantuk sama seperti Zemin.

Baca juga: Anies Ungkit "Pribumi" dalam Pidato, Begini Hujan Kritik Netizen

Topik:

Berita Terkini Lainnya