Zuckerberg Akui Facebook Simpan Seluruh Data Pengguna

Sayang, pengguna tak punya kuasa untuk mengontrolnya.

Washington, IDN Times - Mark Zuckerberg membenarkan bahwa Facebook menyimpan seluruh data pengguna. Ia mengungkapkannya ketika berbicara di Capitol Hill pada Selasa (10/4).

1. Pengguna tak punya kuasa atas informasi yang dikumpulkan Facebook

Zuckerberg Akui Facebook Simpan Seluruh Data Penggunaunsplash.com/William Iven

Senator Mike Lee menanyakan kepada Zuckerberg tentang "dua contoh cara Facebook mengumpulkan data yang mungkin tidak diketahui orang-orang". Zuckerberg kemudian menjelaskan bahwa pengguna bisa mengontrol apa saja yang ingin mereka unggah. Namun, mereka tidak punya kuasa atas data yang diperoleh Facebook.

Salah satu senator lain, Brian Schatz, menanyakan apakah Facebook selaku pemilik WhatsApp bisa melihat isi pesan yang dikirimkan pengguna aplikasi pesan instan itu. Zuckerberg menegaskan pihaknya tak bisa melakukan itu karena enskripsi WhatsApp berbeda.

Baca juga: Pastikan Kebocoran Data, Facebook Hubungi 87 juta Penggunanya

2. Facebook menyimpan seluruh data, termasuk yang diperuntukkan bagi pengiklan

Zuckerberg Akui Facebook Simpan Seluruh Data Penggunaunsplash.com/Tim Bennett

Pertanyaan berikutnya datang dari senator Deb Fischer. "Berapa banyak kategori daya yang kalian kumpulkan?" tanyanya. Zuckerberg kemudian menerangkan bahwa Facebook punya dua kategori data. Pertama adalah yang pengguna bisa kontrol dan pilih untuk bagikan.

Kedua merupakan data yang menghubungkan dengan cara membuat penargetan iklan jadi lebih relevan. Ia menegaskan pengguna punya kuasa atas kedua jenis data. Fischer kembali menekan apakah Facebook menyimpan semua data itu. Zuckerberg menjawab: "Ya, kami menyimpan data."

3. Zuckerberg belum bisa memastikan apakah Facebook bersedia mendukung aturan terkait proteksi data

Zuckerberg Akui Facebook Simpan Seluruh Data Penggunafacebook.com/Mark Zuckerberg

Terkait keamanan data dan informasi pengguna yang berada di pusat perdebatan saat ini, senator Edward Markey bertanya kepada Zuckerberg mengenai legislasi untuk mengaturnya. "Apakah kamu mendukung hukum yang menyebutkan Facebook dan semua perusahaan yang mengumpulkan informasi wajib mendapat izin sebelum bisa menggunakannya untuk tujuan lain?"

Zuckerberg sendiri belum bisa menjawab iya atau tidak untuk pertanyaan itu. "Pada umumnya, aku rasa itu ide yang baik," ucap Zuckerberg. Markey menanyakan kembali apakah ia bersedia mendukung hukum itu. "Pada prinsipnya, iya, tapi rinciannya sangat penting," tegasnya.

Baca juga: Demi Profit, Facebook Terima Iklan Untuk "Pembenci Yahudi"

Topik:

Berita Terkini Lainnya